Pertama Kali, Rafflesia Arnoldii R.Br Mampu Tumbuh di Luar Habibat Asli

| 15 Sep 2022 16:44
Pertama Kali, Rafflesia Arnoldii R.Br Mampu Tumbuh di Luar Habibat Asli
Rafflesia Arnoldii R. Br pertama kali mekar di Kebun Raya Bogor (Humas BRIN)

ERA.id - Bunga Rafflesia Arnoldii R. Br atau padma raksasa mampu tumbuh dan mekar di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor. Mekarnya bunga ini menjadi yang pertama kalinya sejak 16 tahun silam semenjak dikonservasi di luar habitatnya. 

Rafflesia Arnoldii R. Br. tidak hanya mekar, melainkan ada beberapa knop bakal bunga. Adapun untuk waktu pemekaran terjadi pada 12 September 2022. Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati mengungkapkan, Rafflesia Arnoldii R. Br dan baru pertama kali mekar sebagai hasil budidaya di Kebun Raya Bogor.  Meski begitu, diameter dari Rafflesia Arnoldii R. Br. hanya sekitar 60 cm.

Jenis ini sudah dapat dipastikan adalah Rafflesia arnoldii R. Br. Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah dari kepunahan. Jenis ini pun masuk yang harus dilindungi sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993.  

Rafflesia Arnoldii R. Br pertama kali mekar di Kebun Raya Bogor (Humas BRIN)

"Rafflesia arnoldii R. Br tumbuh di Tetrastigma lanceolarium (Roxb.) Planch sebagai inangnya yang ditanam pada 22 Januari 1953 sebagai hasil pertukaran tanaman (seed exchange) dari Florida pada tahun 1952," kata Sofi melalui keterangan resminya, Kamis (15/9/2022).  

Rafflesia Arnoldii ini merupakan endemik Sumatera, dan hanya terdapat 33 spesies di dunia. Selain ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional, bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN Red list dengan status konservasi terancam punah.  

Kebun Raya Bogor juga berhasil menumbuhkan Rafflesia patma Bl untuk kali pertama pada tahun 2010 sebelum Rafflesia arnoldii R. Br. Bunga tersebut telah mekar sebanyak 16 kali hingga saat ini.

Rekomendasi