Kasus Kecelakaan Beruntun di Tol Brebes, Polisi Periksa 13 Pemilik Lahan

| 21 Sep 2022 15:18
Kasus Kecelakaan Beruntun di Tol Brebes, Polisi Periksa 13 Pemilik Lahan
Lokasi kejadian tabrakan beruntun di di KM 253 Tol Pejagan-Pemalang di wilayah Kabupaten Brebes (Antara)

ERA.id - Polisi memeriksa para pemilik lahan di sekitar KM 253 Tol Pejagan-Pemalang di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang terbakar pada Minggu (18/9) hingga memicu tabrakan beruntun.

"Ada 13 pemilik lahan yang diperiksa," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iqbal Alqudusy dalam siaran pers di Semarang, Rabu (20/9/2022). 

Selain pemilik lahan, katanya, polisi memeriksa petugas pengelola Tol Pejagan-Pemalang serta perusahaan yang melakukan pemeliharaan ruang milik jalan yang merupakan rekanan pengelola jalan tol.

Ia menjelaskan fokus penyelidikan kasus ini masih pada api yang memicu terjadinya kebakaran."Apakah api berasal dari lahan warga atau lahan yang menjadi ruang milik jalan," katanya.

Selain itu, kata dia, polisi memeriksa rekaman CCTV untuk mengetahui arah angin saat terjadinya kebakaran yang memicu kecelakaan beruntun itu. Hingga saat ini polisi masih belum menetapkan tersangka yang menjadi penyebab kebakaran itu.

Sebelumnya, sebanyak 13 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di KM 253 Tol Pejagan-Pemalang pada Minggu (18/9).

Satu orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam kecelakaan yang dipicu asap tebal akibat ilalang yang terbakar di tepian jalan.

Polisi menyebut asap tebal memaksa pengendara mengurangi kecepatan akibat jarak pandang yang terbatas sehingga mengakibatkan tabrakan beruntun. Tim laboratorium forensik serta satuan reserse kriminal diterjunkan untuk menyelidiki kasus tersebut. (Antara). 

Rekomendasi