PKS Solo Dukung Anies Baswedan Maju Capres, Klaim Bersih dari Korupsi

| 29 Sep 2022 17:46
PKS Solo Dukung Anies Baswedan Maju Capres, Klaim Bersih dari Korupsi
PKS Solo (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju dalam pencapresan tahun 2024 mendatang. PKS Solo menilai sosok Anies patut untuk didukung karena sepak terjangnya sebagai Gubernur DKI Jakarta baik. Sehingga patut didukung untuk maju dalam pencalonan presiden (capres) 2024 mendatang.

"Ini aspirasi dari teman-teman relawan dan DPC di lima kecamatan ke DPP. Aspirasi arus bawah di kota Solo ingin pak Anies maju menjadi capres," kata Ketua DPD PKS Daryono pada Kamis (29/9/2022).

Menurutnya sosok Anies Baswedan merupakan pemimpin yang bisa melayani masyarakat dengan baik. Bahkan menurut mereka Anies bersih dari tuduhan korupsi.

"Kemarin beliau dilaporkan ke KPK dan bisa berhasil membuktikan tidak bersalah. Bahkan dapat penghargaan dari KPK," katanya.

Rencananya aspirasi ini akan dibawa ke DPP PKS. Untuk penetapan PKS mengusung Anies Baswedan sebagai capres menjadi kewenangan pusat. Namun sejauh ini arah dukungan dari kader sudah condong ke Anies.

"Nanti kewenangannya di DPP (untuk deklarasi dukungan). Kami hanya menyampaikan aspirasi. Pak Anies ini orang yang baik dan amanah. Ketika pencalonan (gubernur) di DKI Jakarta kemarin, PKS juga memberikan dukungan. Dalam pencalonan ini beliau terbukti memenangkan pertarungan di DKI," katanya.

Meski masih dua tahun lagi untuk pertarungan pemilihan presiden (Pilpres), menurut Daryono dukungan ini tidak terlalu dini. Sebab saat ini motor partai sudah bergerak untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Saat ini proses sudah dimulai, pendaftaran partai sudah mulai, verifikasi partai sudah ada. Semakin jauh, semakin panjang juga persiapannya dan semakin baik," katanya.

Terkait pasangan Anies dalam Pilpres 2024, PKS Solo menyerahkan sepenuhnya ke pusat. Menurutnya di pusat banyak kader yang cocok disandingkan dengan Anies. Dalam hal ini perlu juga koalisi dengan partai lain untuk memenuhi dukungannya.

"Intinya kami hanya ingin mendesak agar DPP PKS bisa segera bersikap. Makanya kami membawa suara ini ke DPP," katanya.

Terkait suara dukungan untuk Anies dari daerah lain, menurutnya DPD kota dan kabupaten lainnya juga sudah bergerak. Sebab dukungan ini juga menunjukkan eksistensi PKS di masing-masing daerah.

"Kalau saya berpikirnya Solo. Tapi akan mudah bergerak kalau DPP mendengar aspirasi dari daerah," katanya.

Rekomendasi