Kembangkan Desa Wisata di Sulsel, Poltekpar Makassar Bagi Ilmu di Enrekang

| 05 Oct 2022 14:42
Kembangkan Desa Wisata di Sulsel, Poltekpar Makassar Bagi Ilmu di Enrekang
Pemudik bersantai dengan latar belakang Gunung Nona di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. (Antara)

ERA.id - Pihak dari Politeknik Pariwisata Makassar memilih mengabdi kepada masyarakat di Desa Batu Mila, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang pada 1-2 Oktober 2022.

Mahasiswa itu menjalankan program studi Usaha Perjalanan (UPW). Di sana, mereka memberi materi “Pengembangan Desa Wisata Menuju Anugerah Desa Wisata (Dalam Perencanaan Paket Wisata Berbasis Desa Wisata)".

Materi itu sesuai instruksi Kemenparekraf untuk mengembangkan desa wisata di Kab. Enrekang khususnya di kecamatan Maiwa. Adapun dalam kegiatan itu hadir Direktur Poltekpar Makassar, Kepala Disporpar Kab. Enrekang, Kabid Pariwisata Dispopar, Camat Kec. Maiwa dan beberapa Kepala Desa di Kec. Maiwa.

"Kegiatan ini adalah bentuk praktik mahasiswa dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan desa wisata, khususnya dalam merencanakan paket wisata yang berbasis Desa Wisata," tutur Ketua Program Studi UPW, Ratnah.

Sementara Direktur Poltekpar, Muhammad Arifin, dalam kesempatan yang sama mengaku bahwa Poltekapar Makassar berperan penting dalam pengembangan desa wisata dan telah berkontribusi secara langsung melalui kegiatan PKM di desa-desa.

Untuk diketahui, dalam bimtek itu, dihadiri beberapa narasumber seperti Kadispopar Enrekang Ahmad Faizal, Kabid Pariwisata Dispopar Andi Zulkarnaen, dan tim pengelola prodi UPW dan mahasiswa prodi UPW.

Rekomendasi