Sandiaga Optimistis Transaksi UMKM dalam Gelaran AKI 2022 Meningkat 50 Persen

| 10 Oct 2022 13:05
Sandiaga Optimistis Transaksi UMKM dalam Gelaran AKI 2022 Meningkat 50 Persen
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat menutup gelaran AKI 2022 di Aeon Mall, Kabupaten Tangerang. (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno optimistis jumlah transaksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada kegiatan Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 meningkat 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp16-32 miliar.

Hal itu disampaikannya saat resmi menutup gelaran Pekan Puncak Pameran AKI 2022 di AEON Mall, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu (9/10/2022) malam.

"Sampai malam ini masih dihitung, saya rasa mungkin akan menembus 50 persen dari yang kita targetkan, seperti tahun lalu kan Rp16-32 miliar. Tahun ini akan lebih dari itu," ucapnya.

Sandiaga mengatakan, gelaran tahun ini semakin mengafirmasi pengalaman AKI 2021, dimana para pelaku UMKM yang tadinya sanksi dengan gelaran itu yang ternyata malah laku keras bahkan mendapat investor untuk modal usaha, pesanan besar, dan lainnya.

"Bahwa perhelatan yang digelar di 16 kota di Indonesia tersebut dilaksanakan secara tepat sasaran dimana sebagai geliat ekonomi nomor tiga terbesar di dunia, Indonesia mulai menunjukkan kekuatannya," katanya.

Sandiaga mengutarakan harapannya agar beragam merek lokal yang tampil di ajang AKI 2022 dapat menjadi legenda dan mampu membuka jutaan lapangan pekerjaan baru.

"Dengan geliat tadi, saya yakin dan optimistis kita bisa melalui tantangan global berupa inflasi dan resesi, serta dapat mengawal kebangkitan Indonesia," ujar Sandiaga.

Diketahui, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di AEON Mall Tangerang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang digelar di 16 Kabupaten/Kota sebelumnya.

Pada kegiatan ini, ada 16 jenis UMKM dari 16 daerah yang telah disaring dan ditampilkan dalam pameran puncak AKI 2022. Pelaku UMKM mengaku senang karena produknya mampu menembus pasar lebih luas.

Rekomendasi