Alumni SMAN 6 Solo Klarifikasi Keabsahan Ijazah Presiden: Jokowi Murid Pintar Selalu Juara Umum

| 18 Oct 2022 07:18
Alumni SMAN 6 Solo Klarifikasi Keabsahan Ijazah Presiden: Jokowi Murid Pintar Selalu Juara Umum
Teman-teman SMA Presiden Joko Widodo mengklarifikasi terkait isu ijazah palsu Jokowi, Solo. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Alumni SMAN 6 Solo mengklarifikasi terkait keabsahan ijazah milik Presiden Joko Widodo. Mengingat mereka adalah rekan Jokowi saat berada di jenjang sekolah menengah atas (SMA).

Salah seorang kawan Jokowi, Ria Tri Rasmani mengatakan bahwa dirinya teman satu angkatan dengan Jokowi. Karena ada isu ini, mereka terpanggil untuk menangkal isu ini.

” Jadi kami ikut gelisah dan juga terpanggil untuk mengcounter isu ini,” kata Ria saat ditemui di SMAN 6 Solo, Senin (17/10/2022).

Ia merasa ijazah Jokowi tidak bisa diragukan lagi. Sebab jika ijazah Jokowi diragukan keasliannya, maka harusnya keraguan ini muncul terhadap teman seangkatannya. Sehingga Ria bersama kawan-kawannya merasa perlu untuk meluruskan mengenai hal ini.

”Kami semua ikut bertanggung jawab secara moral untuk mengklarifikasi dan meluruskannya,” ujarnya.

Sementara itu, teman Jokowi lainnya, Prawoto mengatakan jika selama di sekolah, sosok Jokowi adalah murid yang pintar dan selalu juara kelas. Dulunya Jokowi selalu mendapat juara umum untuk jurusan IPA saat kelulusan.

”Saat kelas tiga waktu kelulusan dia mendapat juara umum, kalau yang IPS teman saya Ria ini. Dia juga sosok pendiam,” kata Prawoto yang juga teman seangkatan Jokowi.

Ditambahkan oleh mantan guru kimia Jokowi, Sri Hariyadi Ningsih, bahwa dirinya mengajar di SMAN 6 Solo saat Jokowi kelas 1 hingga kelas 3 SMA. Saat itu sekolahnnya masih bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP).

”Saya mulai mengajar di SMAN 6 Solo dulunya SMPP. Saya mengajar angkatan Pak Jokowi dari kelas 1 sampai kelas 2 sampai dengan kelas 3. Jadi saya mengajar siswa di tahun angkatannya beliau itu selama tiga tahun,” katanya.

Selama di sekolah, Jokowi memiliki kelebihan dibandingkan kawan-kawannya saat mata pelajaran kimia. Ia mengatakan nilai Jokowi dalam mata pelajaran kimia selalu baik.

”Saya masih ingat beliau senang belajar kimia. Sampai pada saat tahun 2015 kami diundang ke Jakarta untuk bertemu beliau, beliau mengatakan senang belajar kimia dan nilainya bagus terus,” katanya.

Sebagai informasi, isu ijazah Jokowi yang diragukan keasliannya muncul beberapa waktu belakangan. Jokowi pun sudah mengcounter isu ini dengan mengunggah foto wisudanya saat lulus S1 Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM).

Rekomendasi