Gempa 5,6 M Guncang Cianjur, Ridwan Kami Beri Pesan untuk Warga Jawa Barat

| 21 Nov 2022 18:35
Gempa 5,6 M Guncang Cianjur, Ridwan Kami Beri Pesan untuk Warga Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung (Istimewa)

ERA.id - Gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo (M) yang berpusat di 10 km arah barat daya dengan kedalaman 10 km mengguncang Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Gempa ini terjadi sekitar pukul 13.21 WIB.

Bahkan, gempa ini pun sempat dirasakan oleh warga di Kota Bandung hingga DKI Jakarta.

Atas kejadian ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta seluruh warganya untuk senantiasa waspada terhadap berbagai bencana. Mengingat, gempa bumi berkekuatan besar hari ini menimpa Kabupaten Cianjur.

Sebelum gempa bumi di Kabupaten Cianjur, ia juga merasakan langsung getaran dari gempa bumi yang terjadi di Tasikmalaya beberapa waktu lalu.

"Terus waspada biasanya gempa ini susul menyusul. Dua hari lalu terjadi di Tasikmalaya, saya juga ikut meraskan, berikutnya harus diantisipasi biasanya hitungan hari ada tambahan," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Senin (21/11/2022).

Ia menyebut bencana yang terjadi di Indonesia kerap kali berlangsung di penghujung tahun. Hal tersebut pun harus pengungat bagi seluruh masyarakat guna meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

"Harus siaga satu, karena musim bencana di akhir tahun selalu mengiringi," ucapnya.

Saat ini orang nomor satu di Jawa Barat itu akan bertolak ke Kabupaten Cianjur guna meninjau keadaan usai gempa.

"Saya mendengar kabar terjadi gempa di Cianjur, ada bangunan rusak, tentunya secepatnya saya akan ke sana untuk melihat kondisi, saya turut prihatin mudah-mudahan tidak banyak korban baik harta mapun jiwa," tutupnya.

Rekomendasi