Gempa Sukabumi Sebabkan Satu Rumah Warga di Cibinong Bogor Ambruk

| 09 Dec 2022 18:35
Gempa Sukabumi Sebabkan Satu Rumah Warga di Cibinong Bogor Ambruk
Rumah warga Cibinong yang ambruk (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Gempa magnitudo 5,8 yang berpusat di Sukabumi pada Kamis (8/12/22), mengakibatkan longsor di Kampung Cidangeur RT003/004, Desa Tugujaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida Tjahyono mengungkapkan, longsor tersebut terjadi pada tebing penahan tanah sebuah rumah milik Salim (38).

Longsoran itu, kata dia, membuat rumah Salim ambruk pada bagian kamar dan dapur.

Hida menduga, selain disebabkan gempa, longsoran tersebut juga dipicu oleh tingginya curah hujan di sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor dalam beberapa hari terakhir.

"Curah hujan tinggi ditambah adanya guncangan gempa sehingga tembok penahan tebingan itu labil kemudian ambrol," kata Hida, Jumat (9/12/22).

Menurutnya, kerugian yang dialami pemilik rumah ditaksir mencapai Rp75 juta. Hingga saat ini kepolisian bersama warga dan relawan masih melakukan pembersihan

"Dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan tidak adanya korban jiwa, hanya kerugian materi diperkirakan Rp75 juta," ungkap Hida.

Bersama Muspika Cigombong, Polsek Cijeruk pun mengevakuasi pemilik rumah ke tempat aman dan melaporkan ke Sat Atas dan BPBD Kabupaten Bogor.

Selain faktor gempa dan longsor, adapun penyebab ambruknya rumah tersebut, karena bangunan rumah berada di pinggir tebingan. "Sudah tiga kali longsor ini terjadi, juga ditambah curah hujan yang cukup tinggi," katanya.

Rekomendasi