Penyebab Kerusuhan di Deiyai Papua yang Sebabkan 50 Kios Terbakar: Baju yang Dijual Bikin Gatal

| 13 Dec 2022 09:54
Penyebab Kerusuhan di Deiyai Papua yang Sebabkan 50 Kios Terbakar: Baju yang Dijual Bikin Gatal
Kerusuhan di Deiyai, Papua

ERA.id -50 kios dan sembilan motor ludes terbakar dalam Kerusuhan di Waghete, Kabupaten Deiyai, Papua Tengah yang terjadi pada Senin (12/12/2022) kemarin.

Empat orang juga terluka, termasuk seorang prajurit TNI AD yang mengalami luka tusuk senjata tajam. Dikutip dari Antara, Insiden itu berawal saat salah seorang warga mencoba baju yang dia beli di pasar, kemudian merasa gatal-gatal dan menyebabkan terjadinya keributan.

Kemudian, datang sekelompok warga melakukan pembakaran terhadap kios yang menjual baju tersebut sehingga api merembet ke kios lainnya yang ada di Pasar Waghete.

Direskrimum Polda Papua Kombes Pol. Faizal Rahmadani menyatakan telah mengamankan 11 orang terkait kasus kerusuhan itu. Namun, dia belum menjelaskan secara rinci identitas orang yang ditahan tersebut.

"Mereka masih dimintai keterangannya di Mapolres Deiyai," kata Kombes Pol. Faizal dikutip dari Antara.

Selain mengamankan 11 orang, pihaknya juga menambah satu regu Brimob yang berada di Paniai untuk memperkuat personel di Polres Deiyai.

Di samping Brimob, kata dia, juga diperbantukan penyidik sehingga penyelidikan dapat semaksimal mungkin.

Direskrimum Polda Papua mengatakan bahwa pergeseran personel dapat segera karena dari Paniai dapat ditempuh dengan transportasi darat ke Deiyai.

Rekomendasi