Wakil Bupati Sumedang Sebut PMI yang Jadi Korban Penyekapan di Arab Segera Kembali ke Indonesia

| 13 Dec 2022 15:30
Wakil Bupati Sumedang Sebut PMI yang Jadi Korban Penyekapan di Arab Segera Kembali ke Indonesia
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat ditemui di Gedung Sate (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat diduga menjadi korban penyekapan di Riyadh, Arab Saudi. Dugaan penyekapan itu dialami 10 PMI yang telah terjadi sekitar dua bulan.

Atas dasar hal itu, Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kedutaan Besar RI untuk Arab Saudi.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat penyelesaian masalah yang menimpa sejumlah warganya itu di Riyad, Arab Saudi.

"Kita terus komunikasi, semoga cepat mendapatkan jalan yang terbaik. Sehingga, mereka segera kembali ke kampungnya masing-masing di Sumedang," kata Erwan saat ditemui di Gedung Sate, Selasa (13/12/2022).

"Mudah-mudahan ada kabar baik. Mereka sudah akan segera dibebaskan dan mudah-mudahan dalam 1 atau 2 hari ini sudah segera kembali ke Indonesia," sambungnya.

Kendati begitu, Erwan belum mengetahui siapa pelaku yang menyekap tujuh warga Kabupaten Sumedang. Namun, ia memastikan hanya tujuh yang merupakan warga Kabupaten Sumedang dari sepuluh korban penyekapan.

"Kita belum mengetahui (pelaku Penyekapan) sedang dikomunikasikan oleh pihak berwajib di sana (Riyad). Pak Bupati (Dony Ahmad Munir) sedang umrah, nanti selesai umrah beliau langsung ke Riyad untuk menyelesaikan itu.

Erwan berharap ke depannya tidak ada lagi PMI ilegal yang nekat berangkat bekerja ke luar negeri. Apabila memaksakan akan berakibat fatal dan bisa merugikan diri sendiri.

"Kalau sudah terjadi seperti ini kami, keluarga yang repot. Jadi sebisa mungkin melalui penyalur legal, banyak yang bisa menyalurkan mereka. Stop penyaluran TKI ilegal, dimanapun termasuk di Sumedang," terangnya.

"Saya mengutuk keras atas tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerangkan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kedutaan Besar RI untuk Arab Saudi telah memproses dan mencari solusi terkait penyekapan yang menimpa 10 PMI asal Sumedang itu.

"Kami dari Pemda (Pemprov Jawa Barat) tentu memaksimalkan upaya-upaya ekstra saja tapi tupoksi utamanya sedang dilaksanakan oleh perwakilan kita di sana," terang Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12/2022).

Orang nomor satu di Jawa Barat ini berharap persoalan yang menimpa warga itu cepat selesai. Sehingga, PMI asal Sumedang yang diduga menjadi korban penyekapan ini bisa segera dipulangkan ke Tanah Air Indonesia.

"Kita doakan mudah-mudahan bisa selesai. Dan kalau bisa pulang, ya pulang dengan selamat," ucapnya.

Rekomendasi