Basis Suara Peninggalan Dedi Mulyadi Bisa Dimanfaatkan Ridwan Kamil Jika Jadi Masuk Partai Golkar

| 17 Jan 2023 21:43
Basis Suara Peninggalan Dedi Mulyadi Bisa Dimanfaatkan Ridwan Kamil Jika Jadi Masuk Partai Golkar
Dedi Mulyadi (Antara)

ERA.id - Pengamat Politik Unpad, Firman Manan menyebut Ridwan Kamil bisa menggunakan basis suara peninggalan mantan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024 mendatang.

Penggunaan basis suara tersebut bisa dimaksimalkan oleh Ridwan Kamil apabila orang nomor satu di Jawa Barat itu jadi bergabung ke partai berlambang pohon beringin.

"Bisa saja dipakai karena Partai Golkar bukan partai yang sangat ideologis termasuk dalam basis massanya. Berbeda jika dibandingkan dengan PDIP, jadi ada keterikatan pada figur tertentu. Saya tidak melihat itu di Partai Golkar," kata Firman, Selasa (17/1/2023).

Menurut Firman, Partai Golkar merupakan partai yang fleksibel. Sehingga, siapa pun figur yang akan diusung Partai Golkar untuk mengarungi Pilgub Jawa Barat akan lebih mudah menggerakan mesin partai hingga akar rumput.

"Partai Golkar itu lebih fleksibel. Jadi lebih siapa pun nanti yang akan diusung di Pilgub Jawa Barat akan jauh lebih mudah menggerakkan mesin partai hingga di akar rumput," tuturnya.

Ia menerangkan, basis suara peninggalan Dedi Mulyadi yang bisa digunakan oleh Ridwan Kamil tentu tidak akan menjadi persoalan yang terlalu serius.

"Jadi harusnya tidak menjadi masalah besar," terangnya.

Kendati tidak menggunakan basis suara peninggalan Dedi Mulyadi, Ridwan Kamil telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai Gubernur bukan kader Partai Golkar.

"Kang Emil (Ridwan Kamil) sudah dikenal, walaupun bukan kader Partai Golkar tapi dikenal sebagai Gubernur Jawa Barat dan sebagian publik sudah mengapresiasi," pungkasnya.

Rekomendasi