Pengendara Motor Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Kawasan Wisata Lembang

| 04 Feb 2023 15:55
Pengendara Motor Tewas Tertimpa Pohon Tumbang di Kawasan Wisata Lembang
Pohon tumbang di kawasan Lembang (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Nasib nahas dialami Fani Harsanto (28), warga Perum Griya Budiman, Desa Cibalong Sari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Ia meninggal usai tertimpa pohon pinus setinggi 20 meter yang tumbang di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (4/2/2023) sekitar pukul 07.45 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat itu korban mengendarai sepeda motor matic Honda Beat, warna hitam dengan nomor polisi T-2190-OF membonceng istri dan anaknya. Mereka melaju dari arah Tangkuban Parahu menuju Lembang.

Saat mereka melintas, sebuah pohon tiba-tiba tumbang menimpa Fani hingga meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan anak dan istrinya selamat dan mengalami luka.

"Satu orang meninggal, seorang lagi yang diperkirakan penumpang motor luka ringan dibopong warga untuk ditolong. Warga dan pengguna jalan sempat panik," terang Teddy (34), salah seorang warga setempat.

Dia menyebutkan, kondisi cuaca buruk terjadi sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi. Saat kejadian, lalu lintas belum begitu ramai. Saat kejadian, Teddy sedang bertugas sebagai keamanan di tempat wisata dekat lokasi kejadian

"Saat itu ketika saya lagi stand bye berdiri pinggir jalan untuk memarkirkan kendaraan wisatawan yang keluar masuk. Seketika lalulintas jadi berhenti," katanya.

Kapolsek Lembang, Kompol Hadi Mulyana mengungkapkan, kejadian pohon tumbang di Jalan Tangkuban Parahu berada di dua titik dengan selisih waktu yang tidak terlalu jauh. Lokasi pertama di sekitar resto Warung Kopi Gunung dan lokasi kedua dekat Terminal Wisata Grafika Cikole yang menimpa pengendara motor.

"Pohon pinus yang tumbang diperkirakan akibat kondisinya sudah lapuk ditambah angin kencang," ungkap Hadi.

Dampak kejadian ini kondisi lalulintas arah Subang maupun Lembang mengalami kemacetan parah karena pohon tumbang melintang ke tengah jalan. Anggota Polsek dibantu Brimob Cikole serta pihak Perhutani turun membantu evakuasi agar jalur segera bisa dilewati kendaraan.

"Lalulintas ditutup sementara selama proses evakuasi oleh petugas. Sementara korban tewas langsung dibawa ke RSUD Lembang menggunakan ambulance dari Satuan Brimob Cikole," terang Hadi.

Rekomendasi