Bangunan Budidaya Jamur Terbakar di Bandung Barat, Pemilik Rugi Rp100 Juta

| 04 Feb 2023 19:31
Bangunan Budidaya Jamur Terbakar di Bandung Barat, Pemilik Rugi Rp100 Juta
Tempat budidaya jamur tiram di KBB usai terbakar (Istimewa)

ERA.id - Kebakaran menghanguskan sebuah bangunan budidaya jamur di Kampung Pari RT 01/11, Desa Sukahaji, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Insiden amukan Si Jago Merah itu terjadi pada Sabtu (4/2/2023) sekitat pukil 12.15 WIB. Bangunan yang terbuat dari bambu termasuk ribuan jamur tiram yang sedang dalam proses fermentasi dan masa inkubasi ludes dilalap api.

"Kami dapat laporan tadi sekitar pukul 12.15 WIB, ada laporan kebakaran tempat pembudidayaan jamur dan anggota langsung menuju lokasi," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, KBB, Siti Aminah Anshoriah saat dikonfirmasi.

Pihaknya menduga kebakaran tersebut dipicu kelalaian saat membakar sampah. Percikan api kemudian membesar karena banyak bahan-bahan yang mudah terbakar.

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu sekitar 13 menit menuju ke lokasi karena jarak dari Mako Damkar Padalarang ke lokasi cukup jauh, yakni berjarak 8,7 kilometer. Tiba di lokasi petugas lalu melakukan proses pemadaman dan pendinginan.

"Setelah satu jam setengah api berhasil dipadamkam. Total area yang terbakar sekitar 20x20 meter persegi dan hampir semua bagian bangunan habis terbakar," sambungnya.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa ini. Hanya saja pemilik pembudidayaan jamur tersebut atas nama H Daya harus menanggung kerugian materi yang cukup besar hingga Rp100 juta. Sebab selain bangunan, jamur-jamur yang ada di dalamnya juga ikut terbakar.

Rekomendasi