Kawasan Padat Penduduk di Kabupaten Bandung Dilahap 'Si Jago Merah', Sembilan Mobil Damkar Dikerahkan

| 07 Feb 2023 14:20
Kawasan Padat Penduduk di Kabupaten Bandung Dilahap 'Si Jago Merah', Sembilan Mobil Damkar Dikerahkan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kawasan padat penduduk di Kampung Kebon Kalapa, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung dilaporkan terbakar pada Senin (6/2/2023) malam.

Upaya pemadaman api yang melahap puluhan rumah itu dilakukan hingga Selasa (7/2/2023) dini hari dengan melibatkan sembilan unit mobil pemadam kebakaran. Dalam peristiwa tersebut dipastikan tidak menelan korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska mengungkapkan, kebakaran yang terjadi di permukiman padat penduduk. Saat ini, petugas masih menyelidiki penyebab kebakaran yang melahap puluhan rumah semi permanen itu.

"Diperkirakan berjumlah kurang lebih 20 unit rumah, untuk kerugian belum dapat ditaksirkan. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material," ungkap Suska pada Selasa (7/2/2023).

Ia menjelaskan, Si Jago Merah berhasil dipadamkan setelah dua jam dilakukan penanganan. Sembilan unit mobil pemadam kebakaran dari wilayah Soreang, Cileunyi, Ciparay, dan Taman Kopo Indah dikerahkan.

"Api dapat dipadamkan pukul 01.00 WIB. Ada 9 unit mobil pemadam," jelasnya.

Meski telah berhasil dipadamkan, petugas mengalami kesulitan karena akses yang sempit. Sehingga, mobil blangwir tidak dapat memasuki lokasi kebakaran.

Saat ini para petugas tengah melakukan pendataan pemilik rumah. Sedangkan, korban terdampak dievakuasi di rumah ibadah dan rumah tetangga.

"Mengevakuasi penduduk korban ke masjid dan rumah tetangga," pungkasnya.

Rekomendasi