Antisipasi Flu Burung, Pengawasan Orang Asing di Bandara Soetta Diperketat

| 06 Mar 2023 06:31
Antisipasi Flu Burung, Pengawasan Orang Asing di Bandara Soetta Diperketat
Suasana ruang tunggu Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang. (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang memperketat pengawasan terhadap masuknya orang asing. Peningkatan pengawasan itu usai temuan kasus flu burung di Kamboja.

"Yang pertama kami melakukan koordinasi dengan beberapa instansi dan otoritas Bandara Soekarno-Hatta, terkait pencegahan flu burung dengan memperketat pengawasan penumpang," ujar Kepala KKP Bandara Soetta,, Naning Pranoto, Minggu (5/3/2023).

"Atas hal itu kami akan mengecek ketat para penumpang di pintu masuk dan keluar terminal bandara. Jadi nanti petugas kami melakukan pengawasan terhadap tanda suhu dan gejala penyakit flu burung karena penyakit ini mirip dengan covid-19," lanjutnya.

Naning menjelaskan, jika ditemukan penumpang dengan bergejala karena terpapar penyakit flu burung selama masa pengawasan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan analis dan validasi oleh dokter. 

"Proses pemeriksaan itu akan dilakukan dua hal, yaitu pemeriksaan covid-19 dan flu burung. Kami juga akan menyelidiki apakah penumpang ini pernah terpapar penyakit serta berasal dari negara yang sedang terjangkit seperti Kamboja," jelasnya. 

Naning menambahkan, untuk memastikan keamanan dalam hal kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta, pihaknya tengah melakukan kerja sama dengan Badan Karantina dan Pertanian serta Bea dan Cukai untuk melakukan pengawasan terhadap pengiriman hewan atau unggas melalui kargo bandara. 

"Dalam pencegahan ini, sektor pengawasan terhadap hewan unggas melalui pengiriman kargo juga diperketat. Kami sudah koordinasi bersama Bea Cukai dan Badan Karantina," jelasnya.

Rekomendasi