Ibu Hamil Meninggal Usai Ditolak RSUD Subang, Ridwan Kamil Minta Bupati Beri Teguran

| 07 Mar 2023 15:30
Ibu Hamil Meninggal Usai Ditolak RSUD Subang, Ridwan Kamil Minta Bupati Beri Teguran
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Peristiwa ibu hamil hingga meninggal dunia Kurnaesih (39) yang diduga ditolak RSUD Subang menjadi perhatian publik, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kurnaesih dinyatakan meninggal dunia pada 16 Februari 2023 dalam perjalanan menuju rumah sakit di Kota Bandung karena sebelumnya diduga ditolak RSUD Subang dengan alasan ruangan penuh.

Ridwan Kamil pun meminta Bupati Subang, Ruhimat agar memberikan teguran tegas kepada RSUD yang diduga menolak pasien ibu hamil Kurnaesih.

"Saya sudah minta Pak Bupati (Ruhimat) untuk menegur dan mengevaluasi RSUD, karena jika sangat emergency, urusan nyawa harus didahulukan apapun situasinya," kata Ridwan Kamil melalui pesan tertulis, Selasa (7/3/2023).

Menurutnya, keberadaan RSUD harus mengutamakan keselamatan pasien tanpa pengecualian. Apalagi, yang bersangkutan dalam kondisi hamil tua dan akan melakukan persalinan.

Oleh sebab itu, kondisi tersebut harus menjadi perhatian semua fasilitas kesehatan. Sehingga, ke depannya tidak ada lagi kejadian penolakan.

"Saya sudah kontak Bupati Subang. Bupati Subang sudah mengumpulkan semua pihak, dan alasan Rumah Sakit Subang tidak bisa menangani karena ICU penuh," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Kurnaesih merupakan ibu hamil yang meninggal dunia yang diduga ditolak oleh RSUD Subang dikarenakan ruangan penuh.

Rekomendasi