Momen Beberapa Mahasiswa Unhas Bentrok, Ada yang Pegang Kayu Juga Batu

| 17 Mar 2023 09:23
Momen Beberapa Mahasiswa Unhas Bentrok, Ada yang Pegang Kayu Juga Batu
Ilustrasi pukulan (Unsplash/Dan Burton)

ERA.id - Dua kelompok mahasiswa antara Fakultas Peternakan dengan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FKIP) di Universitas Hasanuddin Makassar, bentrok usai bermain bola.

Bentrokan terjadi Kamis (16/3/2023) sore dan sudah dikonfirmasi Biro Komunikasi dan Humas Unhas. “Waktu di bubarkan itu sekitar jam 4.30 (16.30) WITA,” Kata Kepala Biro Komunikasi dan Humas Unhas, Ahmad Bahar, Kamis (16/3/2023) malam.  

Berdasarkan informasi awal yang diterima Ahmad, bentrokan diawali saat mahasiswa kedua faklutas ini tengah berada di area lapangan di dalam kampus. Kedua fakultas juga bertetangga.

“Jadi berawal di lapangan bola, lagi main bola,” terang Ahmad.

Kendati begitu, pihak kampus juga masih mendalami lebih lanjut untuk memastikan pemicu bentrokan sebenarnya. Video bentrok antarmahasiswa ini juga sempat tersebar di berbagai platform media sosial.  

Dalam video berdurasi 26 detik yang diterima, banyak mahasiswa antardua fakultas yang saling memaki dari tengah lapangan. Sebagian lainnya tampak menutup wajah dan memegangi beberapa balok kayu dan batu. Menurut pihak Unhas kejadian itu telah dilerai.

Mahasiswa kedua fakultas telah ditarik keluar kampus. Ahmad menyatakan, pihak kampus mengambil langkah tegas. Seluruh mahasiswa dipulangkan untuk menghindari adanya bentrokan susulan.

Bila mahasiswa yang kedapatan berada dalam area kampus, khususnya di malam hari akan disanksi sesuai pelanggarannya. Terlebih mahasiswa yang kedapatan membawa senjata tajam terancam Drop Out (DO).

"Pak WR (Wakil Rektor) 3 bilang kalau ada yang memulai (kembali bentrokan), akan diancam, mulai dari skorsing sampai di-DO. Pokoknya kalau dia didapat bawa benda tajam atau sejenisnya, atau melakukan aktivitas yang menganggu pihak lain,” tegasnya.

Rekomendasi