PT KAI Siapkan 6 Perjalanan Mudik dari Stasion Cimahi, Ini Rutenya

| 30 Mar 2023 19:05
PT KAI Siapkan 6 Perjalanan Mudik dari Stasion Cimahi, Ini Rutenya
Hilir mudik penumpang di Stasiun Cimahi (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dua rangkaian kereta api untuk melayani pemudik lebaran 2023 yang diberangkatkan dari Stasion Cimahi.

Dua rangkaian kereta api yang disiapkan dan melayani pemudik dari Stasion Cimahi adalah Kereta Api Serayu dan Kereta Api Cikuray. Total ada enam perjalanan dari Stasion Cimahi yang disiapkan.

"Keberangkatan dari Stasion Cimahi ada dua yaitu Serayu dan dan Cikuray. Jadi total ada 6 perjalaanan pagi dan malam," terang Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono saat dihubungi pada Kamis (30/3/2023).

Kereta API Serayu melayani rute Purwokerto, Kroya, Maos, Kawunganten, Sidareja, Banjar, Karangpucung, Ciamis, Tasikmalaya, Ciawi, Cipeundeuy, Cibatu, Kiaracondong, Cimahi, Sasaksaat, Purwakarta, Jatinegara, Pasar Senen (Jakarta).

Sedangkan Kereta Api Cikuray melayani rute Garut, Cibatu, Leles, Nagreg, Cicalengka, Kiaracondong, Bandung, Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen (Jakarta).

"Ada perjalanan pagi dan malam. Keberangkatannya itu ada tujuan ke wilayah Purwokerte dan ke Jakarta," kata Mahendro.

Dia mengatakan, PT KAI sudah melakukan persiapan sejak awal Maret untuk melayani pemudik yang akan menggunakan moda transportasi kereta api. Khsusunya di wilayah pelayanan Daop 2 Bandung, termasuk wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Seperti pemeriksaan unit rangkaian kereta apinya yang sudah dilakukan. Mahendro mengakui ada beberapa temuan yang harus diperbaiki.

"Ada beberapa temuan yang harus kami tindaklanjuti. Seperti toilet, musala. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan. Harapannya dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyatakat," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap jalur kereta api. Mahendro mengakui ada beberapa titik jalur yang butuh perbaikan. Pihaknya menargetkan perbaikan rampung sebelum 12 April mendatang dan siap dilalui kereta api sesuai kecepatan yang diinginkan.

"Di beberapa titik memang ada pekerjaan perbaikan, meliputi pergantian rel dan bantalan. Ketika kondisi jalurnya aman, potensi bahaya terjadinya kecelakaan kereta api bisa kita minimalisir dan ditekan sampai angka nol," sebut Mahendro.

Dirinya melanjutkan, PT KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan kereta api, sehingga persiapan dilakukan sejak jauh hari.

"Fungsinya untuk menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api. Semangatnya memang untuk menciptakan perjalanan kereta api yang aman dan nyaman sehingga dapat digunakan untuk angkutan lebaran tahun ini," imbuhnya.

Rekomendasi