Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Polisi Terapkan Delaying System

| 13 Apr 2023 19:25
Antisipasi Penumpukan Kendaraan Saat Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Polisi Terapkan Delaying System
Suasana Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Muhammad Iqbal/ERA)

ERA.id - Polda Banten menyiapkan strategi mengantisipasi penumpukan kendaraan selama arus mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Delaying system akan diterapkan di rest area mulai dari Tol Tangerang-Merak.

"Delaying system akan diterapkan, pertama di rest area KM 43 dan KM 68. Nanti kendaraan yang antrean membeli tiket silakan di-screening di dua rest area itu," ujar Dirlantas Polda Banten, Kombes Firman Darmansyah, Rabu (12/4/2023).

Firman menuturkan, pihaknya pun akan menerapkan delaying system di Pelabuhan Pelindo II, agar mengantisipasi penumpukan antrean kendaraan.

"Delaying system ada, salah satu jalur kita gunakan untuk antrean menuju ke Pelabuhan Pelindo II. Personel kita akan posisikan banyak di situ, karena ada masyarakat di jalur tersebut yang berjualan," terangnya.

Firman menjelaskan, pihaknya pun akan menerapkan sistem buka tutup di Jalan Cikuasa Atas untuk mengantisipasi adanya kemacetan menuju Pelabuhan Merak. Selain itu, lanjutnya, akan diatur alur lalu lintas kendaraan truk yang hendak menuju Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

"Cikuasa Atas nanti kita tunjuk perwira pengendali, untuk mengatur buka tutup. Kemudian tentunya exit tol Cilegon Timur kita gunakan untuk menuju ke BBJ, truk besar itu nanti kita keluarkan melalui Cilegon Timur," katanya.

Selain itu, Firman menambahkan, pihaknya juga akan menempatkan tim urai kemacetan di sepanjang jalur arteri mulai dari Kabupaten Tangerang hingga menuju Pelabuhan Merak, Cilegon.

"Pengawalan kendaraan roda dua kita tempatkan tim urai macet di sepanjang jalur arteri, jadi setiap radius 3-4 kilometer kita taruh pengawal. Rambu petunjuk arah juga sudah kita buat, sehingga nanti masyarakat tidak tersasar," jelasnya.

Rekomendasi