Jalan Otista Bogor Ditutup Mulai 1 Mei 2023, Pemkot Bogor: Ada Revitalisasi Jembatan

| 20 Apr 2023 20:22
Jalan Otista Bogor Ditutup Mulai 1 Mei 2023, Pemkot Bogor: Ada Revitalisasi Jembatan
Jembatan Otista Bogor. (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota Bogor telah memustukan akan menutup Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) pada tanggal 01 Mei 2023. 

Penutupan sendiri dilakukan adanya pembangunan Jembatan Otista yang akan dilakukan setelah lebaran nanti. 

Jembatan Otista ini adalah salah satu titik kemacetan di Kota Bogor yang diilustrasikan seperti leher botol sehingga terjadi bottlenecking. Rencananya, jalan akan ditutup karena pembangunan fisik mulai 1 Mei hingga 8 Desember 2023.

Untuk mengatasi itu, Bima Arya menyampaikan berdasarkan kajian maka tidak ada pilihan lain kecuali melebarkan jembatan Otista untuk melancarkan arus lalu lintas.

Awalnya, ke kegiatan pelebaran jembatan Otista ini sudah akan dilakukan tahun 2021 lalu. Tapi ditunda karena ada proses rasionalisasi sehubungan dengan sumber bantuan berasal dari dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat.

"Jadi waktu itu sudah akan dilakukan, tetapi karena terjadi rasionalisasi maka ditunda. Dan Alhamdulillah tahun ini diselenggarakan kegiatan tersebut," ujarnya.

Pembangunan jembatan Otista ini bersumber dari dana bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat dengan nilai Rp 49.066.819.311.00 tahun anggaran 2023 yang sudah dilelang dan dimenangkan oleh PT Mina Fajar Abadi dengan masa kerja 235 hari kalender.

"Sempat ada masa sanggah sekali, tapi tidak berlanjut pada masa sanggah banding, jadi prosesnya sudah sesuai menurut hukum dan sudah dilakukan penandatanganan kontrak dengan Pemkot," katanya.

Saat ini lanjut Bima Arya, kegiatan sudah resmi dimulai sejak 18 April 2023 dan sudah dilakukan rapat koordinasi teknis pengerjaan.

Rekomendasi