Sebanyak 125 Sepeda Motor Program Mudik Gratis Diangkut Kembali ke Jakarta

| 26 Apr 2023 18:26
Sebanyak 125 Sepeda Motor Program Mudik Gratis Diangkut Kembali ke Jakarta
Sepeda Motor Diangkut Kembali ke Jakarta (Amalia Putri/ ERA)

ERA.id - Sebanyak 125 kendaraan bermotor milik peserta program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi untuk kembali ke Jakarta. Sepeda motor ini diangkut dengan 4 unit truk pada Rabu dan Kamis (25-26/4/2023).

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Bandiyono mengatakan pemberangkatan arus balik dalam program mudik gratis pemerintah ini berlangsung selama tiga hari ke depan. Hari pertama dan kedua digunakan untuk mengangkut sepeda motor.

"Sementara untuk penumpang akan diberangkatkan pada 28 April 2023 besok," kata Bandi pada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Ia mengatakan dalam arus balik ini, ada 2742 penumpang. Dengan rincian 1680 orang dari Pemprov DKI dan 792 orang dari Kemenhub. Hal ini jauh lebih berkurang jumlahnya daripada jumlah kedatangan, yang sejumlah 4094 penumpang.

Jumlah bus pengangkut program mudik gratis ini juga berkurang. Untuk Pemprov DKI 42 bus dan Kemenhub 18 bus. Sedangkan jumlah kedatangan bus program mudik gratis dari Pemprov DKI ada 55 bus dan dari Kemenhub 33 bus.

"Memang turun jumlahnya. Biasanya karena kurang cocok jadwal balik ke Jakarta yang sudah disiapkan panitia. Jadinya banyak yang berkurang dan memilih balik secara mandiri," katanya.

Untuk Pemprov DKI, kedatangan arus balik akan dipusatkan di Terminal Pulo Gebang. Sedangkan yang diselenggarakan Kemenhub akan disebar ke empat titik, yakni Kampung Rambutan, Poris, Pulo Gebang dan Pondok Cabe.

Salah seorang pemudik program mudik Gratis dari Kemenhub, Muhammad Effendi mengatakan dirinya senang bisa ikut program mudik gratis ini. Pria yang berprofesi sebagai buruh pabrik ini berangkat bersama lima anggota keluarganya.

"Saya berangkat berlima, sama anak dan istri, yah terbantu sekali karena bisa lebih irit. Kalau bayar sendiri mudik-balik bisa habis 5 jutaan Pak. Jadi ya kita berterimakasih sekali," katanya.

Rekomendasi