Ratusan Karung Beras Bansos Terendam Banjir di Kantor Kelurahan Gaga Tangerang, Ini Penyebabnya

| 29 Apr 2023 18:32
Ratusan Karung Beras Bansos Terendam Banjir di Kantor Kelurahan Gaga Tangerang, Ini Penyebabnya
Ratusan beras yang disimpan di Kantor Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang terendam banjir akibat hujan deras mengguyur. (Muhammad Iqbal/ERA)

ERA.id - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur membuat ratusan karung berisi beras bantuan sosial terendam banjir di Kantor Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Tercatat sebanyak 215 karung beras itu terendam.

"Kejadiannya itu kemarin (Jumat, 29 April 2024). Jadi semua staf lagi salat Jumat, hujan deras dan di kantor kelurahan cuma ada satpam saja. Jadi enggak naikin ke atas (lantai dua), ada sebagian (karung beras) terendam," ujar Lurah Gaga, Barnas kepada wartawan, Sabtu (29/4/2023).

Barnas menuturkan, sekitar 215 karung berisi beras yang terendam banjir di kantornya. Beras tersebut, lanjutnya, rencananya didistribusikan bagi warga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.

"Jadi sekitar 215 karung beras yang terendam. Itu akan kita distribusikan ke warga, bantuan penerima manfaat program keluarga harapan PKH," katanya.

Terkait kejadian tersebut, Barnas mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan termasuk pihak Bulog. "Sudah kami laporkan ke kecamatan dan dinas terkait, (termasuk) ke Bulog langsung. Mudah-mudahan ada penggantinya," katanya.

Barnas menyebut di wilayahnya kerap langganan banjir dengan ketinggian air hingga sentimeter, bila durasi hujan yang turun cukup lama. "Karena daerah ini merupakan dataran rendah. Tapi kalau hujan reda, air enggak lama dan langsung surut," ungkapnya.

Diketahui, program pemberian bantuan sosial (Bansos) PKH berupa beras ini sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. 

Rekomendasi