Tanah dan Batu Raksasa Tutup Jalan Penghubung di Bandung Barat

| 05 May 2023 09:20
Tanah dan Batu Raksasa Tutup Jalan Penghubung di Bandung Barat
Longsoran batu menyebabkan jalan penghubung desa tertutup (Reza Deny/Era.id)

ERA.id - Bencana longsor melanda sejumlah titik di wilayah Kabupaten Bandung Barat, usai diterjang hujan deras, Rabu (3/5/2023) malam.

Di antaranya di Kampung Walahir, RT 02/03, Desa Kidang Pananjung, Kecamatan Cililin. Hujan deras itu mengakibatkan longsor tebing pada Kamis (4/5/2023) sekitar pukul 03.00 WIB.

Petugas Lapangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Suheri mengatakan, longsor itu mengakibatkan jalan kabupaten yang menghubungkan antara Desa Tanjung Wangi dan Desa Kidang Pananjung tertutup.

"Tertutupnya sekitar 40 meter dengan ketinggian longsor sekitar 60 meter dan lebar 25 meter," kata Suheri saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, selain tanah, materal batu besar juga ikut terbawa hingga menutupi jalan. Untuknya saat kejadian tidak ada warga atau pengendara yang melintas sehingga dipastikan tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Hanya material tanah dan batu sempat menutupi jalan saja," ujarnya.

Dia mengatakan, petugas gabungan dibantu warga sudah melakukan penanganan terhadap bencana longsor tersebut. Jalan kabupaten itupun kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Namun keberadaan batu besar itu membuat jalan menjadi menyempit dan membahayakan pengendara yang melintas. "Ada penyempitan karena batu besar belum bisa di singkirkan, diperlukan alat pembelah batu," ucapnya.

Rekomendasi