Selain Melihat Jalan Rusak, Jokowi Juga Akan Mengecek Harga Sembako di Pasar Lampung

| 05 May 2023 13:14
Selain Melihat Jalan Rusak, Jokowi Juga Akan Mengecek Harga Sembako di Pasar Lampung
Ilustrasi pasar. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akhirnya mengunjungi Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dia juga sudah mencoba sensasi melintas di jalan rusak seperti di Jalan Terusan Ryacudu.

Tak cuma melihat kondisi jalan di Lampung, Jokowi juga akan mengecek harga-harga kebutuhan bahan pokok di Provinsi Lampung.

"Ini kita melihat inflasi, melihat harga-harga," kata Jokowi dikutip dari kana YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/5/2023).

Dia mengatakan, kesiapan infrastruktur jalan sangatlah berpengaruh terhadap inflasi dan harga-harga kebutuhan bahan pokok. "Karena ini menjadi kunci biaya logistik baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke provinsi Lampung pada Jumat (5/5). Hal ini untuk memastikan apakah benar atau tidak jalan di sana rusak sebagaimana yang viral di media sosial.

"Saya ingin memastikan, mau lihat betul apa enggak yang ada di video. Apakah yang ada di media itu benar atau enggak benar," kata Jokowi kepada awak media di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (4/5).

Presiden menyatakan Pemerintah saat ini tengah memulai upaya mengumpulkan data-data mengenai jalan-jalan kabupaten/kota serta jalan-jalan provinsi yang rusak parah.

Kepala Negara meyakini hal itu terjadi karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota tidak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

"Dan itu hal yang penting sekali. Begitu jalannya rusak, apalagi jalan provinsi, akan mengganggu yang namanya komoditas itu, mobilitas orang, mobilitas barang, biaya logistik akan naik," ujarnya.

Rekomendasi