Cerita BPBD Tangerang Evakuasi Pria Berbobot 300 Kilogram di Kampung Pedurenan: Pakai Forklift dan Harus Bongkar Pintu

| 08 Jun 2023 17:07
Cerita BPBD Tangerang Evakuasi Pria Berbobot 300 Kilogram di Kampung Pedurenan: Pakai Forklift dan Harus Bongkar Pintu
Petugas melakukan evakuasi terhadap pria dengan berat badan 300 kg (Muhammad Iqbal/Era)

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mengevakuasi Muhammad Fajri (27) seorang pria warga RW 2 Kampung Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah karena memiliki berat badan mencapai 300 kilogram lebih.

Kepala UPT BPBD Ciledug, Mulyadi mengatakan, hal itu usai pihaknya dimintai warga untuk mengevakuasi pria tersebut untuk dibawa berobat ke salah satu rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Tangerang.

"Kita mendapat laporan dari warga, kemudian langsung melakukan evakuasi. Ternyata, sampai ke lokasi jalan ke rumah pria tersebut sempit dan beban tubuhnya pun terlalu besar. Kita angkat pria tersebut dengan para petugas pun enggak ke angkat," ujarnya Kamis (8/6/2023).

Mulyadi menjelaskan, pihaknya cukup kesulitan mengevakuasi pria dengan berat badan 300 kilogram dari tempat tidurnya tersebut. Pihaknya baru berhasil mengevakuasi pria tersebut setelah dua jam lebih.

"Kita butuh waktu dua jam, karena kita nyari alat buat bongkar pintu dan forklift. Kita bongkar pintunya agar bisa lewat dan mengangkatnya juga menggunakan forklift untuk dinaikan ke mobil losbak dan dievakuasi langsung ke RSUD Kota Tangerang," katanya.

Mulyadi menambahkan Fajri baru menempati rumah tersebut selama 2 tahun belakang ini, bersama dengan satu orang keluarganya. Berdasarkan keterangan warga, Fajri terlihat mengalami obesitas sejak berusia 11 tahun.

"Terkait medisnya itu kewenangan dari pihak dinas kesehatan. Kita hanya melakukan evakuasi saja," jelasnya.

Rekomendasi