Ada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia, BMKG Minta Nelayan Wapada

| 23 Jun 2023 13:45
Ada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia, BMKG Minta Nelayan Wapada
Gelombang tinggi. (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi di beberapa wilayah perairan pada 23 - 24 Juni 2023. 

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan 4 - 20 knot. 

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Banten dan perairan Merauke," ujar Sub Koordinator Bidang Analisis dan Prediksi Meteorologi Maritim BMKG, Furqon Al Fahmi di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan timur Kep. Mentawai, perairan selatan Bali - Lombok - Sumbawa, perairan selatan P. Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan P. Sawu.

Kemudian, perairan selatan P. Rote - Kupang, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia Selatan NTT, Selat Karimata, Laut Jawa, perairan Kep. Wakatobi, Laut Banda bagian barat, perairan selatan Kep. Sermata - Kep. Tanimbar, perairan selatan Kep. Kai - Kep. Aru, Laut Arafuru dan Samudra Pasifik Utara Papua - Jayapura.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.5 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan barat P. Nias - Kep. Simeulue - Mentawai, perairan P. Enggano - Bengkulu,  perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa dan Samudra Hindia Selatan Jawa - Bali - NTB. 

Ia juga meminta kepada para nelayan di selurh Tanah Air agar lebih berhati-hati terhadap kondisi gelombang air laut. 

Lebih lanjut, dia pun menyarankan, untuk perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). 

Rekomendasi