Usai Cari Ikan, Seorang ABK Tenggelam di Perairan Tanjung Burung Tangerang

| 25 Jun 2023 18:09
Usai Cari Ikan, Seorang ABK Tenggelam di Perairan Tanjung Burung Tangerang
Pencarian seorang ABK yang tenggelam usai mencari ikan di Perairan Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. (Istimewa)

ERA.id - Seorang seorang anak buah kapal (ABK) kapal motor (KM) Raja Muda Jaya, Tommy Ade Putra tenggelam di Perairan Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Pria tersebut tenggelam saat hendak pulang usai mencari ikan di perairan Kepulauan Seribu.

Hal itu pun dibenarkan Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Fazzli. Berdasarkan keterangan saksi, korban dalam keadaan kejang kemudian tercebur ke laut.

"Betul saat itu rekan korban pun berusaha mencari korban, namun belum berhasil ditemukan. Kejadiannya terjadi Sabtu (24 Juni 2023) pagi," ucapnya kepada wartawan, Minggu (25/6/2023). 

Fazzli mengatakan, rekan korban pun menghubungi Kantor SAR Jakarta, untuk mencari temannya yang tercebur ke laut tersebut. Korban tercebur kurang lebih beberapa mil dari daratan di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kita kerahkan personel dengan menggunakan peralatan SAR air lengkap menuju lokasi kejadian dan akan kita maksimalkan pencarian pada hari ini," ungkapnya.

Fazzli menjelaskan, pihaknya berupaya melakukan pencarian dengan penyisiran di sekitar lokasi kejadian hingga radius 2 NM (Nautica Miles) menggunakan perahu karet dan kapal nelayan. 

"Kita juga menyebarkan informasi mengenai kejadian ini kepada para kapal nelayan yang melintasi perairan tersebut, apabila menemukan tanda-tanda korban agar menghubungi kita," jelasnya.

Fazzli menambahkan, pencarian terhadap korban melibatkan unsur SAR gabungan terdiri dari Kantor SAR Jakarta, Pos TNI AL Pelabuhan Cituis, KSOP Cituis, nelayan serta masyarakat setempat.

Rekomendasi