Malang Diguncang Gempa Tektonik M4,7, Terasa hingga Jember dan Tulungagung

| 26 Jun 2023 11:11
Malang Diguncang Gempa Tektonik M4,7, Terasa hingga Jember dan Tulungagung
Lokasi titik gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (BMKG)

ERA.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, bahwa wilayah Kabupaten Malang, dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik,  Senin, 26 Juni 2023 pukul 08.16.15 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.87° LS; 112.46° BT tepatnya di laut pada jarak 82 km arah baratdaya Kab, Malang, dengan kedalaman 32 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Trenggalek, Gondanglegi, Kepanjen, Jember, Tulungagung, Malang II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Karangkates, Blitar III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Rekomendasi