Polisi Ancam Akan Blokir NIK Bobotoh yang Kedapatan Bawa Flare Saat Persib Main di GBLA

| 27 Jun 2023 06:25
Polisi Ancam Akan Blokir NIK Bobotoh yang Kedapatan Bawa Flare Saat Persib Main di GBLA
Ilustrasi suporter Persib (Antara)

ERA.id - Polrestabes Bandung menegaskan suporter yang membawa "flare" ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada laga perdana Persib Bandung Musim Liga 1 2023-2024 pada Minggu (2/7) tidak bakal bisa masuk ke stadion untuk menonton sepak bola.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan hal tersebut merupakan kesepakatan antara kepolisian, manajemen Persib, panitia pelaksana, hingga sejumlah kelompok suporter. Dengan begitu, katanya, diharapkan pertandingan berjalan lancar tanpa adanya gangguan "flare".

"Tidak boleh bawa 'flare', kalau ada yang bawa tidak boleh nonton. Kita sudah sepakat yang diamankan tidak boleh nonton," kata Budi di Polrestabes Bandung, Kota Bandung,  Senin (26/6/2023) dikutip dari Antara.

Menurutnya, suporter yang kedapatan membawa "flare" akan dipisahkan dari kelompoknya dan akan diamankan petugas. Selain itu, ujar dia, petugas akan mencatat identitas oknum tersebut hingga terancam tidak bisa membeli tiket menonton sepak bola pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

"Karena beli tiket ini menggunakan NIK jadi nanti diblokir, berikutnya dia nggak boleh beli lagi. Nanti kita catat, kita data, kita serahkan ke manajemen Persib agar pertandingan berikutnya tidak bisa nonton lagi," kata dia.

Selain itu, Budi mengatakan hal tersebut berlaku bagi oknum suporter yang membawa barang-barang berbahaya. Hal itu diatur dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022.

"Maka dari itu, kita telah menjelaskan pola pengamanan, termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh pada pertandingan sepak bola tersebut," kata Budi.

Dalam pengamanan pertandingan Persib tersebut, Budi mengatakan ada sebanyak 2.613 personel gabungan yang dikerahkan terdiri atas polisi, TNI, petugas pemadam kebakaran, dan petugas kesehatan yang bertugas menjaga arena pertandingan di dalam stadion.

"Jadi kita sepakat bahwa pengamanan pada pelaksanaan tanggal 2 Juli 2023 harus berjalan aman, nyaman, dan kondusif. Maka dari itu, kita telah menjelaskan pola pengamanan, termasuk apa saja yang boleh dan tidak boleh pada pertandingan sepak bola tersebut," katanya.

Adapun Persib Bandung bakal melakoni laga perdana Liga 1 2023-2024 di kandangnya Stadion GBLA, Kota Bandung, Jawa Barat, menghadapi Madura United pada Minggu (2/7) pukul 15.00 WIB.

Rekomendasi