Kereta Api Sulsel dari Makassar ke Parepare Diusahakan Beroperasi Tahun Ini

| 27 Jun 2023 08:44
Kereta Api Sulsel dari Makassar ke Parepare Diusahakan Beroperasi Tahun Ini
Rel kereta api di Sulsel. (Antara)

ERA.id - Divisi SDM, Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan, Rahmat mengatakan, tambahan kereta api untuk Balai Pengelola Kereta Api Sulsel dijadwalkan pada Juli 2023.

"Setelah pengoperasian kereta api trans Sulawesi untuk rute Makassar-Parepare, dijadwalkan mendapat tambahan satu kereta api bulan depan," kata Rahmat di sela memantau perjalanan kereta api dari Kabupaten Maros ke Garongkong, Kabupaten Barru, Senin kemarin.

Menurut dia, rute Makassar Parepare hingga saat ini sudah rampung 85 persen dan diharapkan dapat terwujud tahun ini kereta api sudah menjalani rute Kota Makassar hingga Parepare.

Untuk saat ini, rutenya baru Kabupaten Maros hingga Garongkong, Kabupaten Barru panjang kurang lebih 80 kilometer. Setelah itu akan dilanjutkan hingga ke Kota Parepare kurang lebih 30 km.

Dia optimistis tahun ini rute Makassar Parepare dapat terwujud dengan melihat progress perkembangan pembangunan kereta api trans Sulawesi.

Sementara untuk mendukung operasional kereta api trans Sulawesi itu khususnya rute Makassar-Parepare, telah direkrut 500 orang SDM Balai pengelola kereta api Sulsel.

"Semuanya adalah orang Sulawesi karena diutamakan adalah warga setempat, untuk memberi kesempatan kepada putra daerah mendapatkan lapangan kerja," kata Rahmat.

Khusus untuk kereta api sedikitnya terdapat 40 orang awak yang bergantian melaksanakan tugas masing-masing.

Sebelumnya tenaga pendukung perkeretaapian telah direkrut sebanyak 280 orang dari jumlah pendaftar sekitar 6.000 orang.

Rekomendasi