Gempa Yogyakarta M6,4 Dirasakan hingga Ponorogo, Kediri dan Mojokokerto

| 30 Jun 2023 20:54
Gempa Yogyakarta M6,4 Dirasakan hingga Ponorogo, Kediri dan Mojokokerto
Titik lokasi gempa M6,4. (BMKG).

ERA.id - Gempa tektonik M6,4 mengguncang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Jumat 30 Juni 2023 pukul 19.57.43 WIB. Gempa itu terasa hingga ke beberapa daerah lainnya di Indonesia. 

Dalam catatan bmkg bahwa gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulonprogo, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Kediri dan Mojokerto dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta.

Ia mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

Rekomendasi