Pemprov Pilih Tema 'Sulsel Andalan Indonesia' Jelang Hari Jadi ke-354, Ini Alasannya

| 17 Jul 2023 14:00
Pemprov Pilih Tema 'Sulsel Andalan Indonesia' Jelang Hari Jadi ke-354, Ini Alasannya
Logo Hari Jadi ke-354 Sulsel.

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengangkat tema "Sulsel Andalan Indonesia" memperingati Hari Jadi ke-354 tahun 2023.

Ketua Panitia Hari Jadi Sulsel, Ahmadi Akil di Makassar, Senin (17/7/2023), memaparkan alasan memilih tema itu karena di bawah kepemimpinan Andi Sudirman Suliman sebagai Gubernur Sulsel saat ini, Provinsi Sulsel memiliki perkembangan pesat, khususnya ekonomi, industri, pertanian, perkebunan, jasa dan lain sebagainya. Sehingga, Sulsel menjadi provinsi andalan Indonesia.

“Karena memang secara riil Sulsel memiliki pertumbuhan yang cukup pesat khususnya di Kawasan Timur Indonesia. Jadi Sulsel itu menjadi andalan Indonesia, itulah konsep tema (Hari Jadi) tahun ini,” ujar Ahmadi.

Selain itu, lanjut dia, Sulsel selalu menjadi trend setting dalam berbagai sektor. Mulai dari sektor pertanian dengan hadirnya benih mandiri yang digagas oleh Andi Sudirman Sulaiman hingga industri hilirisasi dan lain sebagainya.

Sementara soal logo, Kabid Persandian Diskaminfo-SP Sulsel, Sultan Rakib memaparkan untuk desain logo HUT ini based-nya adalah huruf Lontara, huruf yang dipakai oleh suku bugis Makassar.

Angka 3 dengan huruf lontara mengilustrasikan karst objek wisata Rammang-Rammang Pangkep Maros secara resmi masuk UNESCO Geopark 2023.

Angka 5 menggambarkan atau mewakili liukan rel kereta di Sulsel . Yang tahun 2023 ini resmi beroperasi dan menjadi moda transportasi baru di Sulsel dan diproyeksi sebagai rel kereta api Trans Sulawesi.

“Angka 4 menggambarkan layar Phinisi yang merupakan perahu atau kapal air legendaris Bugis Makassar Toraja Mandar di Sulsel,” ujar Sultan.

Hari jadi ke-354 Sulsel tahun ini memiliki banyak rangkaian acara, antara lain Pekan Raya Sulsel (PRS), dan dalam acara Pekan Raya Sulsel ini banyak juga rangkaian acara lain festival kuliner, lomba memasak, business matching, lomba tradisional dan lain sebagainya.

Rekomendasi