Polisi di Pasaman Barat Selidiki Kasus Dikeroyoknya Anak SMA sampai Pingsan

| 31 Jul 2023 14:10
Polisi di Pasaman Barat Selidiki Kasus Dikeroyoknya Anak SMA sampai Pingsan
Ilustrasi pukulan (Unsplash/Dan Burton)

ERA.id - Kapolres Pasaman Barat, Sumatera Barat, AKBP Agung Basuki menyelidiki pengeroyokan sejumlah pemuda ke anak SMA Negeri 1 Air Bangis hingga pingsan.

"Korban bernama Adinul Haqiqi (16) warga Jorong Kampung Padang Selatan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Pasaman Barat dan saat ini sedang dilakukan proses penyelidikan, dengan memeriksa korban dan meminta keterangan sejumlah saksi di Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata AKBP Agung, Minggu kemarin.

Ia mengatakan peristiwa pengeroyokan tersebut terjadi di samping Posko Pemuda tepatnya di Simpang SMA Negeri 1 Sungai Beremas, Rabu (26/07) sekitar pukul 10.30 WIB

Kapolsek Sungai Beremas AKP Efriadi menyebutkan aksi pengeroyokan tersebut berawal saat korban pulang sekolah dari SMA Negeri 1 Air Bangis.

Sampai di persimpangan sekolah tepatnya di posko pemuda, korban bertemu dengan pelaku FZ (18) yang juga masih satu sekolah dengan korban.

Setelah bertemu di posko pemuda, selanjutnya pelaku FZ mengajak korban untuk berkelahi. Ketika keduanya hendak berkelahi, saudara dari FZ yang masing-masing berinisial FH (20), RZ (29) dan RJ (15) datang ke posko pemuda tersebut dan FH langsung menendang korban yang mengakibatkan korban terlempar.

Menurutnya setelah FH menendang korban, FZ juga memukul dengan cara meninju hidung korban, sehingga mengeluarkan darah dan selanjutnya korban juga dipukul di bagian punggung oleh pelaku RJ.

Saat itu korban hendak melarikan diri, tiba-tiba pelaku IN (20) sudah berada di lokasi, namun tidak memukul, melainkan hanya menahan korban agar tidak melarikan diri.

"Saat itu pelaku IN memegang kerah baju korban, sedangkan korban berusaha melindungi wajah, kemudian pelaku FZ, FH, RZ dan RJ dan juga beberapa anak sekolah lainnya yang tidak diketahui namanya, kembali memukuli bagian kepala, punggung, dan wajah korban," terangnya.

Ia menyebutkan akibat dari pemukulan yang dilakukan oleh sejumlah pelajar dan beberapa pemuda, mengakibatkan korban lemas dan jatuh pingsan, sehingga korban ditolong dan dibawa oleh beberapa warga serta pelajar lainnya ke Puskesmas Air Bangis.

"Mendapat informasi pengeroyokan tersebut, pihak keluarga korban melaporkan kejadian ke Mapolsek Sungai Beremas dengan Laporan Polisi Nomor : LP/36/VII/2023/SEK-SB tanggal 26 Juli 2023," sebutnya.

Ia menjelaskan pihak sekolah mengupayakan untuk melakukan mediasi dengan kedua belah pihak, namun pihaknya tetap melanjutkan penyelidikan.

"Pelaku dan korban, katanya merupakan pelajar dalam satu sekolah yang sama. Kita juga telah menemui Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Air Bangis untuk mengantisipasi terjadinya perkelahian susulan antarsiswa," jelasnya.

Pihak Polsek Sungai Beremas akan memediasi dan menengahi peristiwa pengeroyokan dengan kedua belah pihak keluarga pelaku dan korban serta melibatkan ninik mamak, tokoh masyarakat dan pihak sekolah SMA Negeri 1 Air Bangis.

Rekomendasi