Jabatan Edy Rahmayadi Berakhir 3 September 2023, Ini Daftar 3 Nama Calon Pj Gubernur Sumut

| 04 Aug 2023 08:00
Jabatan Edy Rahmayadi Berakhir 3 September 2023, Ini Daftar 3 Nama Calon Pj Gubernur Sumut
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. (Antara)

ERA.id - DPRD Sumatera Utara akan mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Sumut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI setelah menggelar rapat pimpinan dewan daerah setempat.

"Pengusulan calon nama Pj Gubernur Sumut, paling lama, 4 Agustus 2023, akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI," ujar Ketua DPRD Sumut Bakasmi Ginting, di Medan, Kamis (3/7/2023).

Ginting mengatakan keputusan ini ditetapkan dalam rapat dengan pimpinan dewan sekaligus pimpinan fraksi masing-masing untuk memberikan nama-nama yang diusulkan.

"Rapat pengusulan nama-nama calon Pj Gubernur Sumut dengan menggelar rapat pimpinan dewan bersama Fraksi-fraksi di DPRD Sumut, tadi," katanya.

Ia mengungkapkan dalam rapat tersebut memutuskan usulan tiga nama calon Pj Gubernur Sumut, yakni Seketaris Daerah Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Direktur Jendral Bina Administrasi Dalam Negeri Safrizal dan Deputi Penetapan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Lasro Simbolon.

"Tadi siang, rapat semua hadir. Tentu masing-masing sudah memberikan nama. Yang pertama itu, Pak Arief Sekda kita, Lasro Simbolon, dan Safrizal," sebutnya.

Ginting menjelaskan Gurbernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023.

Selain itu, kata Ginting, DPRD Sumatera Utara bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, telah menandatangani persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2024.

Untuk itu, Ginting berharap Pj Gubernur Sumut dapat menjalankan program yang tertuang dalam APBD 2024 yang sudah disahkan tersebut.

"Inikan APBD 2024 sudah diketok, mohon kiranya yang sesuai APBD programnya. Secara khusus kita selesaikan proyek Rp2,7 triliun itu paling lambat Desember sudah selesai semua 100 persen," ujar dia. (Ant)

Rekomendasi