Ratusan AC Milik RSUD Cianjur Lenyap Usai Gempa, Bupati Lapor Polisi

| 08 Aug 2023 12:57
Ratusan AC Milik RSUD Cianjur Lenyap Usai Gempa, Bupati Lapor Polisi
Warga Cianjur mengambil barang miliknya usai gempa. (ERA.id)

ERA.id - Bupati Cianjur, Herman Suherman, meminta pihak RSUD Sayang Cianjur, mengusut tuntas hilangnya ratusan aset di rumah sakit milik pemerintah itu ke polisi, menyusul seratusan unit pendingin ruangan dan puluhan aset lainnya dilaporkan hilang setelah gempa.

"Baru mendapatkan informasi terkait adanya aset RSUD Sayang hilang sejak beberapa bulan setelah gempa, saya meminta manajemen untuk melakukan inventarisasi aset secara keseluruhan dan melaporkan hal tersebut ke Polres Cianjur," katanya di Cianjur, Jawa Barat, Senin kemarin.

Pihaknya berharap hilangnya ratusan aset milik rumah sakit yang dibiayai pemerintah daerah itu, dapat segera terungkap. Pihaknya juga meminta pihak rumah sakit mendata seluruh aset yang ada, sehingga dapat dilaporkan secara keseluruhan aset yang hilang.

"Itu sudah jelas milik pemerintah, sehingga setiap kehilangan harus dilaporkan dan kasusnya diusut sampai tuntas agar ada efek jera terhadap pelakunya," kata Bupati Cianjur.

Wakil Direktur RSUD Sayang Cianjur, Sugeng Supriyatno mengatakan pihaknya mencatat sekitar 100 unit AC dan beberapa puluh unit aset dalam bentuk lain dilaporkan hilang selama proses renovasi akibat gempa di rumah sakit.

Bahkan kehilangan aset yang bernilai ratusan juta rupiah itu, sudah dilaporkan ke Inspektorat Daerah (Itda) Cianjur, namun belum melapor ke polisi karena masih mencari pelaku yang menghilangkan aset milik rumah sakit.

"Kami mendalami kasusnya dan mencari pelaku karena takutnya salah simpan karena sejumlah ruangan sedang direnovasi seratusan pendingin ruangan itu disimpan di satu tempat atau memang dijual. Kami juga masih menunggu petunjuk dari Itda Cianjur sebelum melapor ke polisi," katanya.

Pihaknya segera melaporkan kehilangan aset tersebut ke Polres Cianjur, setelah mendapat instruksi dari Itda Cianjur dan perintah dari Bupati Cianjur, karena aset tersebut sudah jelas milik pemerintah dan harus melalui proses kalau hendak dijual.

Rekomendasi