DLH Cirebon: 300-400 Meter Persegi Lahan TPA Kopi Luhur Terbakar

| 09 Sep 2023 22:35
DLH Cirebon: 300-400 Meter Persegi Lahan TPA Kopi Luhur Terbakar
Petugas damkar berupaya memadamkan api di TPA Kopi Luhur, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (Antara)

ERA.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menyampaikan luas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kopi Luhur, Cirebon, Jawa Barat, yang terbakar diperkirakan mencapai 300 sampai 400 meter persegi dari total lahan 5,2 hektare.

"Kebakaran ini diperkirakan menghanguskan 300-400 meter lahan," kata Kepala DLH Kota Cirebon Yuni Darti di lokasi kebakaran, Sabtu sore (9/9/2023) dikutip dari Antara.

Yuni menyebutkan kebakaran itu diduga oleh aktivitas pembakaran lahan yang berada di dekat lokasi, kemudian bara dari api itu tertiup angin kencang dan langsung menyambar sampah kering di TPA Kopi Luhur.

Kendati begitu Yuni memastikan pihaknya akan melakukan investigasi bersama aparat terkait guna mengetahui penyebab kebakaran itu.

"Total ada tujuh mobil pemadam yang dikerahkan, kebakaran masih berlangsung," katanya.

Untuk sementara, kata dia, aktivitas pemulung sampah di TPA Kopi Luhur dihentikan  guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Yuni mengatakan proses pemadaman di TPA Kopi Luhur masih berlangsung hingga pukul 18.54 WIB, dimana Damkar Kota Cirebon mengerahkan tiga unit armada dan empat armada lain dari berbagai instansi.

"Kita imbau agar warga tidak mendekat ke lokasi," katanya.

Rekomendasi