Tujuh Rumah di Banjar Kalsel Terbakar, Satu Wanita Lanjut Usia Tewas

| 17 Sep 2023 18:47
Tujuh Rumah di Banjar Kalsel Terbakar, Satu Wanita Lanjut Usia Tewas
Wanita lansia tewas dlama kejadian kebakaran di Kabupaten Banjar, Kalsel. (Antara)

ERA.id - Polres Banjar menyatakan kebakaran yang menyebabkan seorang perempuan lanjut usia, terjadi di Jalan Ahmad Yani Km 15,2 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (17/9/2023), sekitar pukul 04.00 Wita, disebabkan korsleting listrik.

Kepala Seksi Humas Polres Banjar AKP Suwarji di Martapura, Ahad, mengatakan penyebab peristiwa kebakaran tersebut berdasarkan penyelidikan tim Inafis Polres Banjar.

"Hasil penyelidikan yang dilakukan personel Inafis, penyebab kebakaran karena korsleting listrik yang terjadi di rumah Warni yang memang tidak berpenghuni karena tinggal di Kota Banjarbaru," ucap Suwarji.

Dia menjelaskan peristiwa kebakaran yang melanda tujuh rumah itu mengakibatkan seorang perempuan lansia Siti Aisyah (70) tahun, sedangkan seorang lainnya Mansyah (55) mengalami luka bakar.

Suwarji menyebutkan petugas menemukan jasad korban itu di bawah reruntuhan bangunan rumah yang telah dilalap api.

"Kebakaran menghanguskan tujuh buah rumah dan setelah dilakukan pengecekan di antara reruntuhan bangunan, ditemukan satu orang lansia berusia 70 tahun meninggal dunia," ujar Suwarji.

Menurut dia, lansia perempuan yang meninggal diketahui menderita penyakit stroke sehingga diduga tidak mampu menyelamatkan diri dari kobaran api yang melalap rumah tempat tinggal korban.

Sementara itu, data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar menyebutkan rumah yang hangus terbakar sebanyak enam buah ditambah satu rumah yang terbakar sebagian.

"Salah satu korban memberitahukan ada lansia stroke terjebak dalam rumah dan dicari hingga ditemukan dengan posisi tertelungkup," ujar Kasi Pemadaman Penyelamatan dan Evaluasi DPKP Banjar Gusti Yudhi.

Akibat kebakaran yang melanda tujuh buah rumah tersebut menyebabkan 19 jiwa kehilangan tempat tinggal dan enam unit sepeda motor ikut hangus terbakar dengan kerugian material sekitar Rp800 juta. (Ant)

Rekomendasi