Pagi Tadi, Kota Tanjung Pandang Babel Diselimuti Asap Buntut Kebakaran Hutan dan Lahan

| 05 Oct 2023 14:13
Pagi Tadi, Kota Tanjung Pandang Babel Diselimuti Asap Buntut Kebakaran Hutan dan Lahan
Suasana jalan raya di Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/Kasmono-Apriliansyah)

ERA.id - Kota Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan sejak Kamis (5/10/2023) pagi.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Agus Supriadi mengatakan bahwa asap membuat Kota Tanjung Pandan berkabut sejak pagi.

"Menjelang siang kabut berangsur berkurang dan jarak pandang juga berangsur normal meskipun masih tercium bau asap," kata Agus di Tanjung Pandan, Kamis.

Dia mengimbau warga memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan.

Agus juga menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung menghadapi 65 kejadian kebakaran hutan dan lahan sepanjang Agustus dan 114 kejadian kebakaran hutan dan lahan selama September 2023.

Dia meminta warga mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dengan tidak melakukan pembakaran untuk membuka atau membersihkan lahan.

Rekomendasi