Elektabilitas Prabowo Subianto Tinggi di Kota Bogor Kalahkan Anies dan Ganjar

| 19 Oct 2023 20:46
Elektabilitas Prabowo Subianto Tinggi di Kota Bogor Kalahkan Anies dan Ganjar
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Lembaga Survei Visi Nusantara Maju (VSM) mengeluarkan hasil survei terbaru  untuk Calon Presiden pilihan warga Kota Bogor.

Hasilnya adalah, elektabilitas Calon Presiden, Prabowo Subianto unggul dengan presentasi 46,63 Persen.

Disusul dengan Anies Baswedan dengan presentasi 23,50 persen dan Ganjar Pranowo 22,88 persen.

Direktur Cased LS Vinus Ramdan Nugraha mengungkapkan, ada lima alasan yang memengaruhi tingginya elektabilitas Prabowo Subianto di Kota Bogor.

Pertama, masyarakat memilih karena gagasan atau visi misi yang disampaikan saat kampanye. Alasan kedua, popularitas calon. Ketiga pemberian uang, keempat popularitas dan terakhir penampilan.

"Alasan gagasan dan visi misi ketika kita tanya kepada responden cukup tinggi, mencapai 67 persen," kata Ramdan saat menyampaikan hasil survei Capres, Gubernur, DPRD Kota dan Provinsi serta DPR RI, Kamis (19/10/2023).

Ramdan menjelaskan, survei ini dilakukan untuk mengetahui pilihan presiden masyarakat Kota Bogor. "Survei ini juga untuk mengetahui sosok cawalkot Bogor dan calon anggota legislatif," jelas Ramdan.

Selain itu, survei ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Bogor dan DPRD.

Dalam survei ini, LS Vinus menggunakan metodologi simple random sampling dengan 800 responden. "Kita datang langsung ke lapangan dan menemui responden dengan menyodorkan beberapa pertanyaan dan instrumen lainnya," kata dia.

Sementara, sasaran responden adalah masyarakat Kota Bogor berusia 17 tahun ke atas dan ber-KTP Kota Bogor.

Sementara, Direktur Eksekutif LS Vinus Yusfitriadi menyampaikan, lembaga yang dipimpinnya rutin mengadakan survei seperti ini.

"Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 800 orang yang disesuaikan dengan jumlah DPT di kelurahan. Kita akan melakukan survei lagi nanti jelang pilpres, pilgub, pilwalkot dan pileg," kata Yusfitriadi.

Rekomendasi