Warga Parung Panjang Bogor Terdeteksi Cacar Monyet

| 22 Nov 2023 20:13
Warga Parung Panjang Bogor Terdeteksi Cacar Monyet
Ilustrasi warga terkena cacar monyet. (Antara)

ERA.id - Satu orang laki-laki warga Parungpanjang, Kabupaten Bogor terkena cacar monyet. Pasien tersebut diketahui bekerja di Tangerang Selatan.

"Kerjanya di Tangerang Selatan, cuma emang dia orangnya (domisili) di Parung Panjang," kata Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor Agus Fauzi dikonfirmasi, Rabu (22/11/2023).

Tim dari Dinkes Kabupaten Bogor sudah turun untuk melakukan pendalaman dan tracing terhadap kasus tersebut. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan khususnya di lingkungan terdekat atau keluarga.

"Nanti tetep anaknya akan ada pelacakan, pelacakan ke keluarganya, bisa saja anggota keluarganya (mengalami) gejala yang sama," ungkapnya.

Kata dia, apabila daya tahan tubuh pasien itu baik tidak perlu sampai dirawat. Tetapi, apabila memang pasien disertai penyakit lain harus dirawat.

"Seperti cacar air, sebenernya kalau daya tahan tubuh dia bagus, dia bisa saja dengan proses rawat jalan. Tapi kalau ada penyakit sekunder yang memang menyertai si cacar itu, butuh perawatan. Yang jelas penularan, cacarnya menular. Cuma kan tidak seperti Covid yang sampai di isolasi gitu," ungkapnya.

Yang pasti, tambah Agus, pihaknya tengah mendalami kasus tersebut. Sehingga, kasusnya segera ditangani dengan baik dan tidak menyebar.

"Tim kita berangkat ke sana, saya masih menunggu laporannya," tutupnya.

Rekomendasi