Gempa Guncang Wilayah Bogor dan Sekitar, Efeknya Seperti Truk Besar Berlalu dan Getarkan Rumah

| 14 Dec 2023 10:43
Gempa Guncang Wilayah Bogor dan Sekitar, Efeknya Seperti Truk Besar Berlalu dan Getarkan Rumah
Alat pengukur kekuatan gempa, Seismograf. (Antara)

ERA.id - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 4.6 mengguncang wilayah Bogor dan Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/12/2023) pagi, sekitar pukul 06:35 WIB.

Berdasarkan rilis dari BMKG, gempa berpusat di Lok :6.76 LS – 106.53 BT 25 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi.

Gempa dengan kedalaman 5 km itu terasa hingga Bogor. Seperti di Pamijahan, Kalapanunggal, dan Kota Bogor.

Saat gempa, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Di Ciputat, Tangerang, Provinsi Banten, dengan Skala Intensitas II - III MMI, getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Di Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, belum menemukan dampak bencana akibat gempa bumi ini.

"Satu jam berselang, belum ada dampak yang dilaporkan petugas maupun warga. Mudah-mudahan aman," kata Kepala BPBD Kota Bogor, Hidayatullah, Kamis.

Hidayatullah mengimbau agar masyarakat tetap waspada bencana di musim hujan ini. Warga diharapkan selalu memastikan kondisi bangunannya tidak rawan roboh, tidak berdiam di bawah pohon besar saat berteduh dan tidak berpergian ketika tidak terdesak saat hujan turun.

Ia pun memastikan petugas BPBD di wilayah siap siaga membantu warga yang terdampak bencana. "Kami siaga, selalu kami pantau," ujarnya.

Rekomendasi