Pj Gubernur Jateng Sambut Capres Prabowo, Bawaslu: Kami Melakukan Penelusuran

| 22 Dec 2023 13:36
Pj Gubernur Jateng Sambut Capres Prabowo, Bawaslu: Kami Melakukan Penelusuran
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng Achmad Husain di Semarang. (Antara)

ERA.id - Viral di media sosial terkaitv adanya video rekaman Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana menyambut Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang viral di media sosial.

Terkait hal itu, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah mendalami hal tersebut. “Kami akan melakukan penelusuran bersama dengan Bawaslu Kota Semarang," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng Achmad Husain di Semarang, Jumat (22/12/2023).

Menurut dia, Bawaslu Jateng belum bisa memastikan apakah ada pelanggaran dalam peristiwa itu karena masih ada beberapa proses yang harus dilakukan secara lebih lanjut.

"Adanya pelanggaran atau tidak bisa diketahui setelah dilakukan berbagai proses dalam penanganan kasus tersebut," ujarnya.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat dikonfirmasi menyebut potongan video rekaman penyambutan dirinya terhadap Prabowo Subianto, yang viral di media sosial, terlalu dipolitisasi.

“Terkait video viral itu, jadi memang saya waktu itu kan, itu pelaksanaannya udah dua atau tiga minggu yang lalu. Kami memang jemput Pak Prabowo, kapasitas beliau adalah Menhan. Jadi yang memberikan penilaian-penilaian tersebut terlalu dipolitisir,” katanya.

Dalam rekaman video tersebut, Nana terlihat berdiri di antara tim pemenangan Prabowo diantaranya, Ketua Tim Kampanye Daerah Jateng Prabowo-Gibran, Kukrit Suryo Wicaksono, termasuk petinggi Partai Gerindra seperti Sekjen Ahmad Muzani dan Andre Rosiade yang merupakan anggota Dewan Pembina.

Diketahui lokasi video rekaman itu adalah Lanumad Ahmad Yani Semarang pada Sabtu (9/12), dimana saat itu di Stadion Jatidiri Semarang digelar acara HUT Ke-9 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dihadiri sejumlah tokoh seperti Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep yang merupakan putra Presiden Joko Widodo, serta Capres Prabowo Subianto. 

Dalam Pemilu 2024 ini ada tiga calon pasangan presiden dan wakil presiden, nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin ISkandar, nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Ant)

(Ant)

Rekomendasi