Tiga Ribu Surat Suara Pemilu Alami Kerusakan di Sidoarjo Jawa Timur

| 04 Jan 2024 07:30
Tiga Ribu Surat Suara Pemilu Alami Kerusakan di Sidoarjo Jawa Timur
Warga sedang melakukan penyortiran surat suara Pemilu 2024. (Puan/ERA).

ERA.id - Ribuan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mengalami kerusakan di Gudang logistik KPU, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Sidaorjo Mukhamad Islak mengatakan total sebanyak 3.000 ribu surat suara untuk mencoblos Pemilu pada 14 Februari 2024 nanti mengalami kerusakan.

"Temuan surat suara rusak ada kurang lebih 3.000," kata Iskak, di Gudang Logistik KPU Sidoarjo, Rabu (3/1/2023).

Iskak menjelaskan kerusakan ribuan surat suara itu ditemukaan saat pihaknya melakukan pelipatan surat suara DPD RI, DPR RI, serta DPRD Provinsi Jatim.

Kata dia, ada beberapa kategori kerusakan yang ditemukan yakni terdapat berlubang, sobek, serta terkena bercak warna di sejumlah bagian surat-surat suara itu.

"Ada yang lubang, lubang juga nggak besar, kecil-kecil, dipastikan itu termasuk kategori surat suara rusak," jelasnya.

Lebih lanjut Iskak menerangkan bahwa KPU Sidoarjo telah melaporkan sejumlah kerusakan tersebut ke pihak perusahaan percetakan. Hal itu bertujuan untuk segera mendapatkan surat suara pengganti.

"Pasti yang rusak akan kami lakukan pemusnahan. Tapi Nanti semua yang rusak kita kumpulkan, kalau ada surat suara sisa juga kami kumpulkan, semuanya akan kita musnahkan," ucapnya.

KPU Sidoarjo, lanjutnya, saat ini tengah melakukan pelipatan surat suara DPD RI. Sedangkan, untuk DPR RI sudah diselesaikan dan telan melalui proses penyortiran.

Ia menambahkan KPU Sidoarjo menargetkan, proses pelipatan sekaligus penyortiran tersebut bakal selesai dalam waktu satu Minggu dan surat suara itu sudah siap untuk didistribusikan.

"(Surat suara) DPRD Provinsi tinggal dua dus yang belum terlipat. Untuk presiden dan DPRD Kabupaten insyaallah mulai lusa," pungkasnya.

Rekomendasi