Gas Amonia Pabrik Es di Tangerang Bocor, 28 Karyawan Alami Sesak Nafas

| 06 Feb 2024 18:16
Gas Amonia Pabrik Es di Tangerang Bocor, 28 Karyawan Alami Sesak Nafas
Ilustrasi kebocoran gas. (Antara)

ERA.id - Pabrik es di Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang mengalami kebocoran gas amonia. Sebanyak 28 orang warga yang mengalami sesak napas akibat insiden ini.

"Ada sekitar 28 orang dibawa ke rumah sakit karena sesak dan matanya pedas. Karyawan sama masyarakat sekitar. Nggak semuanya pingsan, ada yang sesak, ada yang matanya pedas," kata Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho kepada wartawan, Selasa (6/2/2024).

Zain menjelaskan kebocoran gas amonia ini terjadi pada Selasa dini hari tadi sekira pukul 2.45 WIB. Dari 28 orang tersebut, sebanyak 10 orang sudah diperbolehkan pulang. 

Ada juga karyawan yang mengalami luka lecet-lecet karena melompat ketika kebocoran gas itu terjadi.

"Tempat pembuatan es menggunakan salah satunya gas amonia untuk pendingin, saat proses itu pipanya ada yang terlepas," jelasnya.

Zain menuturkan insiden ini berhasil ditangani pada pukul 5.30 WIB. Warga yang terdampak telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Namun akibat kebocoran gas ini, sekira 200 warga dievakuasi. Sebab, bau gas amonia masih tercium.

"Sekitar 200 warga sekitar pabrik. Karena baunya masih ada terasa dikit-dikit, terutama sekitar lokasi," katanya.

Damkar juga melakukan penyiraman di sekitar lokasi untuk mengurangi pencemaran udara. Masyarakat diimbau melapor jika mengalami gejala gangguan pernapasan.

Rekomendasi