Adhy Karyono Berpeluang Jadi Pj Gubernur Gantikan Khofifah yang Besok Habis Masa Jabatannya

| 12 Feb 2024 21:28
Adhy Karyono Berpeluang Jadi Pj Gubernur Gantikan Khofifah yang Besok Habis Masa Jabatannya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Facebook Khofifah Indar Parawansa)

ERA.id - Masa jabatan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, bakal berakhir 13 Februari besok, jelang pencoblosan pemilu 2024.

Tetapi hingga saat ini, belum ada pemberitahuan resmi terkait Pj Gubernur Jawa Timur pengganti Khofifah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Iya belum, saya kemarin sudah tanya, mudah-mudahan hari ini ada berita, karena besok [Selasa] sudah akhir masa jabatan,” kata Khofifah, di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Selasa (12/2/2024).

Meski begitu, Khofifah sempat memberi sinyal terkait sosok Pj Gubernur Jatim yakni salah satunya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Adhy Karyono.

Ketika membahas sosok Pj Gubernur Jatim, Khofifah menoleh ke arah Adhy Karyono.

“Saiki tak toleh maneh (sekarang saya lihat lagi). Sudahlah rek kan kurang sedino ae (sudahlah, kan kurang sehari saja). Sudah, saya tidak akan menyampaikan itu (soal Pj Gubernur),” tuturnya.

Diketahui, DPRD Jawa Timur mengusulkan tiga nama untuk menempati posisi Penjabat (Pj) Gubernur Jatim. Hal itu menyusul akan habisnya masa jabatan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Usulan itu ditetapkan DPRD saat menggelar sidang paripurna bersama Pemprov Jatim, Kamis 30 November 2023 lalu. Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar menjadi pimpinan sidang.

Tiga nama Pj yang diusulkan itu adalah Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Adhy Karyono, Kepala Lembaga Administasi Negara (LAN) Adi Suryanto, dan Irjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw.

Rekomendasi