Polisi Selidiki Kematian Misterius Gajah Sumatra di Aceh

| 02 Mar 2024 18:30
Polisi Selidiki Kematian Misterius Gajah Sumatra di Aceh
Seekor gajah sumatra ditemukan mati di kawasan bantaran sungai di Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO)

ERA.id - Polres Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai menyelidiki kasus kematian seekor gajah sumatra (elephas maximus sumatrensis) di Desa Paya Udeung, Kecamatan Seunagan.

“Kasus ini masih kami selidiki bersama BKSDA Resor Meulaboh, Aceh Barat,” kata Kapolsek Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Iptu Muhammad Thahar kepada ANTARA di Suka Makmue, Sabtu (2/3/2024), dikutip dari Antara.

Ia menyebutkan temuan gajah mati tersebut sejauh ini masih belum bisa dipastikan oleh tim dokter dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

“Masih dalam pemeriksaan dari tim dokter, kami masih menunggu informasi terbaru,” katanya menambahkan.

Thahar mengatakan gajah sumatra yang ditemukan mati pada Jumat (1/3/2024) kemarin diperkirakan telah mati sejak sepekan yang lalu. Karena itu, bangkainya tak bisa lagi diotopsi karena telah membusuk.

Sebagai bahan pemeriksaan dan penyelidikan oleh BKSDA, gading gajah sepanjang empat meter tersebut saat ini telah dibawa ke Banda Aceh.

“Untuk bangkai gajah juga sudah dikuburkan pada Jumat malam, karena kondisinya sudah membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap,” ujar Thahar.

Rekomendasi