Banjir Landa Semarang, Empat Perjalanan KA Relasi Solobalapan Batal

| 14 Mar 2024 14:30
Banjir Landa Semarang, Empat Perjalanan KA Relasi Solobalapan Batal
Situasi terkini Stasiun Solobalapan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024). (Dok. Humas KAI)

ERA.id - Banjir melanda sejumlah titik di Semarang, empat perjalanan kereta api (KA) relasi Stasiun Solobalapan di Solo, Jawa Tengah, terpaksa dibatalkan.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, mengatakan empat perjalanan KA tersebut sedianya berangkat dan menuju Stasiun Tawang Bank Jateng.

Ia mengatakan beberapa titik yang terdampak banjir di wilayah Semarang tepatnya di petak Jalan Semarang Tawang-Alastua, petak Jalan Semarang Tawang-Semarang Poncol, dan petak Jalan Mangkang-Kaliwungu.

Tiga titik tersebut tergenang air sejak Kamis (14/3/2024) dini hari. Ketinggian air mencapai 10 cm di atas kop.

"Dengan demikian, tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan kereta api," ujar Krisbiyantoro dikutip dari Antara.

Ia mengatakan akibat kondisi tersebut, Stasiun Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani penumpang sampai banjir mereda.

Empat perjalanan KA relasi Stasiun Solobalapan yang batal akibat banjir yakni KA 161 Joglosemarkerto relasi Solobalapan-Tegal, KA 162 Joglosemarkerto relasi Tegal-Solobalapan, KA 207F atau KA Banyubiru relasi Solobalapan-Semarang Tawang, dan KA 210F atau KA Banyubiru relasi Semarang Tawang-Solobalapan.

Bahkan, menurut Krisbiyantoro, banjir tersebut juga berdampak pada beberapa KA lain yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.

"Beberapa KA juga mengalami keterlambatan yang bervariasi akibat peristiwa tersebut," katanya.

Ia mengatakan KAI memberikan kompensasi bagi pelanggan yang perjalanan keretanya terimbas akibat banjir.

"Kami memberikan kompensasi sesuai dengan regulasi yang berlaku baik berupa service recovery maupun pengembalian tiket hingga 100 persen tidak termasuk biaya pesan," ucapnya.

Rekomendasi