Tiga Kabupaten/Kota di Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

| 21 Mar 2024 15:30
Tiga Kabupaten/Kota di Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla
Kondisi Riau yang dilanda kebakaran hutan dan lahan baru baru ini. (Antara)

ERA.id - Tiga kabupaten/kota di Riau menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yaitu Kepulauan Meranti, Dumai, dan Indragiri Hulu.

Penetapan kondisi siaga darurat itu dilakukan karena saat ini tim gabungan dari TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, dan masyarakat peduli api masih terus melakukan pemadaman karhutla yang terjadi di beberapa daerah di Riau.

"Saat ini tim gabungan masih memadamkan karhuta seperti di Pelalawan yakni di kawasan Teluk Meranti, berikut di Kota Dumai, namun sudah dalam tahap proses pendinginan. Pendinginan juga dilakukan di Kabupaten Indragiri Hulu sedangkan di Kabupaten Kepulauan Meranti juga sudah muncul Karhutla,” kata Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan karhutla di Dumai dan Meranti beberapa waktu sudah padam, tetapi beberapa hari terakhir terpantau muncul titik karhutla baru, seperti di Bukit Kapur. Daerah yang sudah menetapkan status siaga ada tiga, yakni Siak, Bengkalis, dan Dumai dan untuk daerah lain belum ada.

Sementara itu, BMKG Pekanbaru mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, hingga malam hari.

Total titik panas data terbaru pukul 23.00 WIB, Kamis (21/3/2024) di wilayah Sumatera ada 139 titik tersebar di Bengkulu 31 titik, Jambi 6, Sumatera Barat 32, Sumatera Selatan 1, Sumatera Utara 1, Kepulauan Riau 27, Bangka Belitung 1 dan Riau 40 titik. Yaitu, Dumai 4, Pelalawan 20, Rokan Hilir 1, Siak 5, Indragiri Hulu 6, Kepulauan Meranti 3, Kuantan Singingi 1 titik. 

Rekomendasi