600 Orang Jalani Ritual Sembahyang Kubur di Kalbar, Polisi Lakukan Pengamanan

| 25 Mar 2024 04:28
600 Orang Jalani Ritual Sembahyang Kubur di Kalbar, Polisi Lakukan Pengamanan
Polres Kubu Raya bersama Polsek Sungai Raya melakukan pengamanan pada kegiatan ritual sembahyang kubur (Antara)

ERA.id - Polres Kubu Raya bersama Polsek Sungai Raya melakukan pengamanan ritual sembahyang Kubur yang dihadiri sekitar 600 orang di pemakaman Tionghoa Yayasan Bhakti Suci, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Hari ini kami melakukan pengamanan pada ritual sembahyang kubur atau Sembahyang Leluhur musim Semi (Cheng Beng) 2575 Tahun 2024 di pemakaman Tionghoa Yayasan Bhakti Suci Jl. Adisucipto Km 7 Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya," ujar Kasubsi Penmas Polser Kubu Raya Aiptu Ade di Sungai Raya, Minggu.

Ia mengatakan pengamanan yang dilakukan personel Polres Kubu Raya dan Polsek Sungai Raya untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tertib kepada warga keturunan Tionghoa yang melaksanakan ibadah ritual Cheng Beng.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan apabila terjadi aksi kejahatan.

"Terutama antisipasi kemacetan, kejahatan pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, dan pencurian dengan kekerasan serta aksi premanisme," katanya.

Ade berharap dengan kehadiran petugas Kepolisian dapat memberikan rasa aman, nyaman dan tertib kepada seluruh masyarakat keturunan Tionghoa yang melakukan kegiatan sembahyang leluhur musim semi (Cheng Beng) 2575 Tahun 2024.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi bagian aktif dalam menjaga keamanan di sekitar lokasi pelaksanaan ritual Cheng Beng, dan melaporkan segera kepada pihak kepolisian apabila menemukan atau menjadi korban aksi kejahatan.

"Kami siap memberikan respons cepat terhadap setiap laporan dari masyarakat. Kerja sama dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan demi terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif selama pelaksanaan ritual Cheng Beng," jelas Ade.

Pada ritual ini terpantau, sekitar 600 orang dari Yayasan Setia Bhakti, Yayasan Tanjung Harapan, Yayasan Suci Budi, dan Yayasan Marga Peng melaksanakan kegiatan ritual Cheng Beng.

Ritual ini merupakan satu di antara kepercayaan masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya dan merupakan tradisi penting sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dan nenek moyang.

Rekomendasi