TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB Papua

| 05 Apr 2024 00:05
TNI-Polri Tembak Mati 2 Anggota KKB Papua
Ilustrasi anggota KKB Papua (dok. Ist)

ERA.id - Aparat TNI-Polri terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di wilayah Distrik Tembagapura Mimika Papua Tengah, pada Kamis (4/4/2024) sore. Dua anggota KKB Papua tewas akibat peristiwa ini.

Kogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon menjelaskan kejadian berawal ketika terdengar suara letusan senjata di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura.

Suara tembakan ini membuat para pendulang non karyawan atau masyarakat setempat berlari ke tempat aman ke arah Utikini.

Merespon situasi tersebut, aparat gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz TNI-Polri dan Koops Habema menuju ke arah sumber suara. Sesampainya, anggota KKB muncul dan terjadi kontak tembak.

"Pasca kontak tembak ditemukan adanya dua orang korban jiwa di pihak KKB Papua, yang diyakini salah satu di antaranya adalah Abubakar Kogoya, serta sebuah pucuk pistol," kata Richard kepada wartawan, Kamis (4/4/2024).

Tidak ada korban jiwa dari TNI-Polri. Jenderal bintang tiga TNI ini menyebut keberhasilan ini merupakan bagian dari upaya TNI-Polri untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua.

Rekomendasi